Menderita Darah Rendah? Yuk, Coba 5 Buah Ini

Ilustrasi Buah/ Sumber:Pexels Ilustrasi Buah/ Sumber:Pexels

Apakareba: Salah satu kondisi paling umum yang cenderung diderita manusia adalah kekurangan hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein kaya zat besi yang ada dalam sel darah merah dan bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika kadar hemoglobin menurun, Anda bakal merasa lelah, lemah, sakit kepala, hingga sesak napas. Jika kadarnya turun secara signifikan, kondisi tersebut dapat didiagnosis sebagai anemia.

Dalam beberapa kasus, anemia dapat diobati melalui perubahan pola makan. Caranya dengan menambahkan asam askorbat atau buah-buahan kaya vitamin C dapat membantu dalam mengatur asupan zat besi dan akhirnya meningkatkan hemoglobin.

Untuk itu, sangat penting untuk menambahkan buah-buahan dalam konsumsi harian guna meningkatkan jumlah sel darah merah. Dirangkum dari gaya.id, berikut  beberapa buah yang disarankan untuk bantu atasi darah rendah:
 
1. Pisang
Buah pisang merupakan pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam buah-buahan kaya zat besi. Ini merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Seiring dengan zat besi, pisang juga merupakan sumber asam folat yang baik yang merupakan vitamin B kompleks yang diperlukan untuk membuat sel darah merah.

Baca juga: Catat! 4 Buah Ini Rendah Indeks Glikemik dan Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

2. Delima
Delima membuat salah satu buah terbaik untuk meningkatkan jumlah darah merah. Ini adalah sumber yang kaya zat besi, vitamin A, C dan E. Asam askorbat yang ada dalam buah ini meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang mengatur jumlah darah. Satu gelas jus delima buatan sendiri lebih baik setiap hari daripada jus olahan.

3. Apel
Apel merupakan sumber yang kaya zat besi dengan berbagai komponen ramah kesehatan lainnya yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan jumlah hemoglobin. Maka dari itu, mengkonsumsi satu apel bersama dengan kulitnya setiap hari akan sangat baik.
 
4. Stroberi
Stroberi menjadi buah yang mampu mencegah penyakit anemia. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan pada stroberi cukup tinggi.

Kandungan antioksidan berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.
 
5. Jeruk
Zat besi tidak dapat sepenuhnya diserap oleh tubuh tanpa bantuan vitamin C. Buah jeruk adalah kekuatan yang dikemas dengan vitamin ini. Jadi, konsumsilah setidaknya satu jeruk setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, itulah buah apa saja yang direkomendasikan untuk mengatasi darah rendah. Untuk itu, penuhi juga nutrisi tersebut dari berbagai makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik. Konsultasikan jika kondisi tak membaik, semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Lainnya