Kahayya Bulukumba Disiapkan Menjadi Destinasi Unggulan di Sulsel

Suasana pengujung menikmati panorama di Desa Wisata Kahayya yang berlokasi di Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Antara/HO - Dispapora Bulukumba Suasana pengujung menikmati panorama di Desa Wisata Kahayya yang berlokasi di Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Antara/HO - Dispapora Bulukumba

Apakareba.id: Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba menyiapkan Desa Wisata Kahayya menjadi destinasi wisata unggulan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Seluruh kebutuhan desa untuk mencapai tujuan tersebut segera direalisasikan.

"Kahayya adalah destinasi masa depan, kini tengah dibenahi dan dipersiapkan sarana dan prasarananya," kata Kepala Disparpora Bulukumba, H Muhammad Daud Kahal, dikutip dari Antara, Rabu, 31 Agustus 2022.

Desa wisata yang masuk dalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini menawarkan panorama alam yang indah berupa dataran tinggi dengan air terjun yang indah. Kahayya juga memiliki potensi produksi kopi yang terkenal dengan sebutan kopi Kahayya.

"Apalagi hawanya yang sejuk sambil menyeruput kopi hangat, tentu sangat melengkapi menikmati panorama di Kahayya," ujarnya.

Desa wisata ini, kata dia, letaknya di sebelah utara Kota Bulukumba berada tepat di kaki Gunung Lompobattang. Hawanya yang sangat sejuk membuat desa ini berpotensi untuk menghasilkan berbagai jenis tanaman produksi seperti kopi, merica, dan tembakau.

Desa Kahayya berjarak sekitar kurang lebih 34 Kilometer dari Kota Bulukamba atau 204 kilometer dari Kota Makassar. Waktu tempuhnya perjalanannya sekitar 5 - 6 jam dengan kendaraan roda empat jika dari Kota Makassar.



(SUR)

Berita Lainnya