Bupati Maros Apresiasi Perahu Listrik Sumbangan PLN untuk Geopark Maros

Tim Asesor UNESCO saat melakukan assessment di kawasan Wisata Karst Rammang-rammang menggunakan perahu listrik dari PLN beberapa waktu lalu. ANTARA Foto/HO-Humas PLN UIW Sulselrabar Tim Asesor UNESCO saat melakukan assessment di kawasan Wisata Karst Rammang-rammang menggunakan perahu listrik dari PLN beberapa waktu lalu. ANTARA Foto/HO-Humas PLN UIW Sulselrabar

Maros: Bupati Maros Chaidir Syam mengapresiasi langkah PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Utara menghadirkan satu unit perahu listrik di kawasan Wisata Karst Rammang-rammang. 

Pengunjung Wisata Karst Rammang-rammang kini bisa berkeliling dengan perahu listrik ramah lingkungan. Fasilitas tersebut merupakan bentuk dukungan PT PLN UP3 terhadap Geopark Maros Pangkep menjadi Geopark UNESCO atau warisan dunia.

“PLN ingin menjadi bagian di dalamnya dalam menyediakan energi bersih dan perahu listrik yang tentunya ramah lingkungan,” ungkap General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat Awaluddin Hafid, Kamis, 7 Juli 2022.

Awaluddin membeberkan, perahu listrik tersebut berbahan fiber. Perahu memiliki panjang 6,2 meter dengan lebar 1 meter. Perahu ini bisa mengangkut hingga tujuh wisatawan. 

Melansir Antaranews.com, perahu listrik tersebut dimodifikasi oleh PLN dengan menggunakan mesin berkapasitas 1,47 kW berbaterai DC 2x58 Volt. Wisatawan akan lebih nyaman saat berkunjung karena suara perahu listrik senyap.

PLN juga menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk memudahkan pengisian ulang baterai perahu listrik. SPLU berkapasitas 7.700 Volt Ampere (VA) itu berada di Jembatan Dermaga 2. 

Langkah PLN diapresiasi oleh Bupati Maros Chaidir Syam. Ia optimis, kerjasama ini dapat membuat Rammang-rammang menjadi kawasan green tourism dengan 100 persen kapal listrik.

(UWA)

Berita Lainnya