Menkop UKM Ajak Pemkab Buton Tengah Garap Potensi Sumber Daya Laut

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat kunjungan kerja di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Minggu, 11 September 2022. ANTARA/HO-Jubir Gubernur Sultra Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat kunjungan kerja di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Minggu, 11 September 2022. ANTARA/HO-Jubir Gubernur Sultra

Kementerian Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah untuk menggarap potensi sumber daya laut. Teten meyakini sumber daya di Sulawesi Tenggara  begitu melimpah dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

“Belum banyak yang tahu, rupanya bahan baku teri asal Kota Medan, Sumatra Utara, menggunakan ikan teri hasil olahan warga Desa Waburense, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah,” ujar Teten, dikutip dari Medcom.id, Senin, 12 September 2022.

Hal ini disampaikan  Teten saat berkunjung langsung ke Desa Waburense, Kabupaten Buton Tengah, bersama Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi. Mereka berkunjung untuk menghadiri pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat.

Teten mengungkap terdapat tiga potensi sumber daya laut di Kabupaten Buton Tengah, antara lain olahan ikan teri, budidaya lobster, dan rumput laut.

“Ini yang punya potensi besar untuk dikembangkan. Nanti ada upacara, kita ganti namanya teri Medan menjadi teri Waburense,” ujarnya.

Tidak hanya hal tersebut, Teten juga melihat pemasaran komoditas unggulan tersebut telah mulai dilakukan dengan baik oleh para pelaku UMKM. Tetapi, menurutnya masih harus disiapkan koperasi pengembangan wisata alam.

“Jadi tiga hal itu saja, kita tidak usah muluk-muluk. Kemudian setelah kita tetapkan sektornya, kita harus mendukung ekosistemnya. Akses pembiayaan, akses pengembangan usaha,” jelasnya.

 

BACA: CSR Buat Tiga Desa di Sulawesi Sukses Mengekspor Komoditas Kelautan



(SUR)

Berita Lainnya