Investasi Membaik, Penanaman Modal Dalam Negeri di Sulsel Capai Rp12 Triliun

Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Apakareba: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Makassar, menerbitkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang mencapai Rp12 triliun di tahun 2021.

Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan DPMPTSP, Andi Muhammad Muhsin, menyampaikan investasi Kota Makassar mulai membaik. Hal itu terlihat sejak semester pertama 2021.

"Peningkatan investasi yang terjadi cukup signifikan meski masih di tengah pandemi covid-19. Investasi yang masuk mulai meningkat pada semester pertama tahun ini," kata dia, dikutip dari Antara, Sabtu, 4 September 2021.

Baca: Waduh! Sertifikat Vaksin Jokowi Tersebar, Salah Siapa?

PMDN di Kota Makassar yang dirilis mencapai Rp6,1 triliun pada semester pertama 2021. Capaian itu meningkat dibanding sebelumnya dengan realisasi PMDN Kota Makassar, yakni hanya Rp 2,2 triliun.

Andi menyebut, kembali terjadi penambahan PMDN sebesar Rp5,9 triliun. Sehingga total PMDN secara keseluruhan di Kota Makassar selama 2021 sebanyak Rp12 triliun. 

Sementara Penanaman Modal Asing (PMA) Makassar mencapai Rp390 miliar yang ditambahkan investasi senilai 20,9 juta dollar Amerika Serikat. Peningkatan ini membuat kondisi perekonomian mulai membaik.

"Jadi kami berusaha untuk mampu mengoptimalkan investasi dengan modal dalam negeri," jelasnya.

Karena itu, DPMPTSP Makassar memprioritaskan investasi dalam negeri yang berupa kemudahan untuk berusaha. Termasuk UMKM maupun kebijakan khusus berupa stimulus atau kemudahan lain. (Antara)



(RAI)