Geger! Mimbar Masjid Raya Makassar Dibakar, Polisi Kejar Pelaku

Tim Labfor Polda Sulsel melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) seusai mimbar Masjid Raya Makassar dibakar oleh pelaku pada Sabtu (25/9/2021). ANTARA Tim Labfor Polda Sulsel melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) seusai mimbar Masjid Raya Makassar dibakar oleh pelaku pada Sabtu (25/9/2021). ANTARA

Apakareba: Mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dibakar pada Sabtu, 25 September 2021 dini hari. Polisi tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Kami masih melakukan pendalaman kepada terduga pelaku yang kini melarikan diri," ujar Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana, di Masjid Raya Makassar, Sabtu, 25 September 2021.

Ia menyampaikan pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait dugaan pembakaran mimbar masjid itu. Pihaknya pun masih berupaya mendalami dan melakukan penyelidikan.

"Dari hasil olah TKP kami lakukan, sudah diketahui ciri-ciri dan identitas terduga pelaku pembakar mimbar. Kami sementara melakukan pengembangan," imbuhnya.

Namun ia belum dapat menjelaskan lebih rinci pelaku pembakaran, karena masih dalam pengejaran. Diduga pelaku berjenis kelamin laki-laki.

Baca: Wapres Ingin Hukuman Tegas Terkait Perusakan Masjid Ahmadiyah
 
"Secara resmi belum bisa kami lakukan rilis. Masih melakukan pendalaman terduga pelaku," tegasnya, dikutip dari Medcom.id.

Ustaz Das'ad Latif beserta pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel sekaligus mantan Wakapolri, Komjen Pol (Purn) Syafruddin, meminta warga tak perlu khawatir. Lantaran insiden itu telah ditangani oleh aparat kepolisian.

"Masyarakat tidak usah khawatir dan tidak terprovokasi atas kejadian ini. Semua sudah ditangani oleh kepolisian. Umat Islam juga diminta jangan khawatir, ini bukan provokasi, bukan sesuatu hal yang membuat panik. Insyaallah Makassar aman," ucap Da'sad.

Sebelumnya, kebakaran mimbar di masjid tersebut terjadi pada Sabtu, 25 September 2021 sekitar pukul 01.17 Wita. Salah seorang laki-laki sempat terekam kamera pengawas ketika menutup CCTV itu, kemudian membakar mimbar masjid.
 
Aksi itu sempat dilihat warga, kemudian memanggil penjaga masjid untuk memadamkan api. Sempat terlihat terduga pelaku meloncat pagar masjid usai menjalankan aksinya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tim dari kepolisian setempat mengejar pelaku yang telah melarikan diri. (Antara)



(RAI)

Berita Lainnya