Bangun Empat Ruas Jalan di Toraja Utara, Sulsel Anggarkan Rp49 Miliar

Ilustrasi pembangunan jalan. Dokumentasi/ Kementerian PUPR Ilustrasi pembangunan jalan. Dokumentasi/ Kementerian PUPR

Apakareba: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menganggarkan Rp49 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membangun ruas jalan di Kabupaten Toraja Utara (Torut). Pembangunan empat ruas jalan yang menghubungkan Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu dan Provinsi Sulawesi Barat itu nantinya akan menggunakan anggaran sebesar Rp49 miliar. Anggaran itu disiapkan untuk membangun jalan sepanjang 50 kilometer.

"Kami akan terus melanjutkan pembangunan di daerah, salah satunya di Kabupaten Toraja," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, seperti dilansir dari Medcom.id.

Empat ruas jalan yang dibangun di antaranya, ruas Batupapan - Bandara Pongtiku - Alang Alang - Rante Pao, ruas Rante Pao - Panggala - Baruppu - Batas Sulbar, ruas Rante Pao - Sa'dan - Batas Kabupaten Luwu, serta Ruas Batas Luwu - Tedong Bonga. 

Baca juga: Pemkot Makassar Perkuat Posko Pengendalian Covid-19

Andi menjelaskan khusus pada jalan tersebut akan dikerjakan sepanjang 11,4 km dan lebar 6 meter. Saat ini progres pengerjaan ruas jalan ini sekitar 54 persen.

Dia menyatakan dengan perbaikan infrastruktur jalan di daerah-daerah akan mendorong potensi investasi masuk ke daerah tersebut. Salah satunya di Kabupaten Toraja yang merupakan daerah kunjungan wisatawan.
 
Sehingga jika sarana infrastruktur telah memadai, dan investasi mulai menggeliat maka secara tidak langsung akan mendorong perputaran ekonomi yang baik di daerah tersebut. Ia juga berharap perbaikan ini bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.
 
"Dengan konektivitas transportasi, serta meningkatkan kualitas layanan transportasi melalui peningkatan kemantapan jalan. Kita harap ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," ucapnya.
 
Sementara Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, mengakui komitmen Plt Gubernur Sulsel yang mendukung pembangunan di daerah-daerah secara merata. Termasuk di wilayah Kabupaten Toraja Utara.
 
"Terima kasih atas komitmen dan dukungan Bapak Plt Gubernur untuk pembangunan di Toraja Utara ini. Ini akan membantu daerah kita lebih berkembang lagi," kata Frederik. (Muhammad Syawaluddin)
 



(SYI)

Berita Lainnya