Ada Jarak Antara Penggemar Vespa Modern dan Klasik, MoVe Makassar Lakukan Hal Ini

Urbanations berbincang dengan MoVe Makassar di UrbanTalks yang disiarkan melalui IGTV @urbanations. Sumber: Instagram @urbanations Urbanations berbincang dengan MoVe Makassar di UrbanTalks yang disiarkan melalui IGTV @urbanations. Sumber: Instagram @urbanations

Apakareba: Vespa dan Piaggio merupakan merek kendaraan roda dua asal Italia yang digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Saking populernya di Indonesia, berbagai komunitas pecinta vespa pun bermunculan. Tentunya, setiap orang memiliki selera yang berbeda, ada yang menyukai vespa klasik, ada juga yang lebih menyukai vespa modern.

Beberapa orang memiliki anggapan bahwa terdapat jarak antara penggemar vespa modern dan klasik. Di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), terdapat sebuah komunitas yang berinisiatif untuk menghilangkan jarak tersebut. Komunitas itu bernama MoVe (Modern Vespa) Makassar.

Saat hari ulang tahun (HUT) MoVe Makassar yang ke-3 pada 2015, mereka mengundang teman-teman vespa klasik yang ada di Sulsel untuk menghadiri acara tersebut. Alhasil acara itu pun sukses dan sangat meriah karena banyak teman-teman dari vespa klasik yang datang untuk meramaikan.

Tujuan utama dari MoVe Makassar mengundang teman-teman vespa klasik adalah untuk mengubah mindset para penggemar vespa klasik terhadap penggemar vespa modern. Sebab, seringkali penggemar vespa modern dinilai angkuh dan sombong.

“Jadi waktu itu, kita mengubah mindset-nya bahwa kita sama-sama vespa. Nggak ada perbedaan antara klasik dan modern, ya kita satu brand lah. Istilahnya juga teman-teman kan punya (vespa) modern dan klasik, jadi saling menghargai,” kata Koordinator Wilayah MoVe Sulawesi, Miat, dalam program UrbanTalks yang disiarkan melalui IGTV akun Instagram @urbanations beberapa waktu yang lalu.

Mita mengklaim upaya yang telah dilakukan untuk menghilangkan jarak antara penggemar vespa klasik dan modern menghasilkan dampak positif. Setelah bertemu di acara HUT MoVe Makassar, mereka rutin berkumpul setiap malam Minggu untuk menjalin silaturahmi.

Pada 2017, Kota Makassar menjadi tuan rumah acara Jambore Nasional (Jamnas) Modern Vespa (MoVe) Indonesia. Dalam kesempatan itu, MoVe Makassar kembali mengundang teman-teman vespa klasik untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

“Nah waktu itu kan kita mengundang lagi nih teman-teman (vespa) klasik. Akhirnya pada datang semua, pecah lagi dan ramai” ungkap Mita.

Melalui gagasan tersebut, Makassar menjadi acuan Jamnas MoVe Indonesia untuk melibatkan teman-teman vespa klasik setiap acara tersebut diadakan. Sebagai informasi, Jamnas MoVe Indonesia merupakan agenda rutin yang digelar oleh MoVe Indonesia setiap tahunnya. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah berkumpul dan bersilaturahmi bagi anggota MoVe se-Indonesia.

Upaya yang dilakukan oleh MoVe Makassar untuk menyatukan teman-teman vespa klasik dengan modern sangat inspiratif ya! Sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia, yakni Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu jua..

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Urbanations (@urbanations)

 

 



(SYI)

Berita Lainnya