Hindari Ranjau Paku! Ini Tips Mencegahnya

Waspada ranjau paku di jalanan Jakarta (MI/Vicky Gustiawan ) Waspada ranjau paku di jalanan Jakarta (MI/Vicky Gustiawan )

Apakareba: Tidak bisa dimungkiri ranjau paku masih menjadi teror bagi pengendara kendaraan bermotor. Masih banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menebar paku di jalan.
 
Bahkan, baru-baru ini viral di media sosial video seorang pria ditangkap warga usai ketahuan menebar ranjau paku di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Rekaman tersebut diunggah akun Instagram @rohim_saber. Pelaku, pria berkacamata, terlihat duduk di jalan dan dikepung sopir ojek online (ojol) dan polisi.
 
Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno membenarkan penangkapan penyebar ranjau paku tersebut. Pria itu awalnya dibekuk pengemudi ojol.

"Dia melaksanakan aksinya menebarkan paku di sepanjang Jalan Gatot Subroto sampai Cawang," kata Sutikno dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 September 2021.

Baca juga: Canggih! Mobil Masa Depan Bisa Dikendalikan Melalui Pikiran
 
Masih banyaknya ranjau yang bertebaran di jalanan, ini yang pengendara wajib waspada. Dihimpun dari Medcom.id, Berikut tips untuk menghindari ranjau paku.

1. Hindari melintas di area kiri jalan
Tips yang pertama adalah menghindari media jalan sebelah kiri. Sebab, penebar ranjau paku kerap menebar jebakannya di sisi kiri jalan. Untuk itu sebisa mungkin hindari melintas di sisi kiri jalan raya.

2. Jangan asal melindas sampah
Sampah yang tercecer di tengah jalan harus menjadi perhatian. Sering kali sampah itu merupakan tipuan dan ditemukan paku di dalamnya. Pengendara mesti waspada agar tidak asal melindas sampah kalau tidak mau menjadi korban ranjau paku.

3. Membawa ban cadangan
Untuk pengendara roda empat pastikan selalu membawa ban serep. Hal ini sebagai antisipasi jika terkena ranjau paku dan tidak ada tukang tambal ban terdekat.



(NAI)