Wakil Ketua DPR: Pemerintah Harus Adil Soal Insentif UMKM

Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel. DOK Istimewa Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel. DOK Istimewa

Apakareba: Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel, meminta pemerintah adil dalam memberikan insentif bagi masyarakat terdampak covid-19. Dia meminta pelaku  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mendapat insentif yang sama dengan perusahaan besar.

"Saat ini semua sektor merasakan dan tentunya harus mendapatkan dukungan," kata Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel, dilansir dari Medcom.id, Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurutnya, pandemi mengacak seluruh sektor usaha. Sehingga pelaku UMKM mengalami dampak yang sama dengan perusahaan besar selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Politikus NasDem itu meyakini UMKM di Tanah Air dapat bangkit jika ada pemberian insentif. "Yang paling penting adalah UMKM. Bagaimana mengatasi, membantu pelaku UMKM yang kena dampak, perlu program-program yang memudahkan mereka di masa pandemi ini," ujar Gobel.

Baca: Atasi Dampak PPKM, Bisnis Rumahan dan UMKM Perlu Transformasi Digital

Pemerintah, kata dia, harus memberikan dukungan bagi pelaku UMKM terutama di bidang kuliner. Hal itu diperlukan lantaran UMKM di bidang kuliner lebih banyak digandrungi masyarakat.
 
"Di sini, pemerintah harus bisa memberikan pembinaan, bimbingan kepada para pelaku UMKM. Dari menjual makanan yang lebih sehat, lebih baik. Nah ini harus didorong, diberikan kepada masyarakat," tutur Gobel.

Dia juga meminta pelaku UMKM putar otak di tengah pandemi. Gobel menyarankan pelaku UMKM mulai berdagang di dunia digital, melihat pandemi tak kunjung ada akhirnya. 

"Kepada para pelaku usaha, tentunya masih bisa melakukan pengembangan, misalnya pakai sistem online. Saya banyak melihat karyawan toko-toko menawarkan produk atau dagangannya secara online, dengan data yang dimiliki toko tersebut," kata Gobel. (Candra Yuri Nuralam)



(RAI)

Berita Lainnya