Kabar Baik untuk Warga Makassar! Ada Vaksinasi Covid-19 Gratis di 47 Puskesmas

Ilustrasi medcom.id Ilustrasi medcom.id

Makassar: Kabar baik datang untuk masyarakat Makassar. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Makassar telah menggelar vaksinasi covid-19 gratis secara serentak di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) per 1 Juli 2021.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr. Andi Hadijah Iriani. Ia juga memastikan pelaksanaan vaksinasi tersebut akan digelar di 47 Puskesmas di Kota Makassar.

"Iya (vaksin serentak) seluruh Puskesmas ada 47 unit," ucap Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr. Andi Hadijah Iriani seperti yang dilansir dari Antara pada Jumat, 1 Juli 2021.

Vaksinasi serentak ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan. Ini dilakukan untuk merealisasikan instruksi Presiden RI Joko Widodo yang menargetkan vaksinasi satu juta per hari di semua daerah Indonesia per 1 Juli 2021.

Andi juga menambahkan tim Satgas Covid-19 melalui tim Covid Hunter telah menyiapkan kouta 200 ribu dosis vaksin jenis Sinovac diperuntukkan bagi warga kota Makassar. Pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk datang ke Puskesmas terdekat agar mendapatkan vaksin secara gratis.

Ditempat terpisah, vaksinasi serentak juga berlangsung di Masjid Nurul Majid, Jalan Gunung Merapi, Kelurahan Pisang, Kecamatan Ujungpandang. Sebanyak 120 orang terdiri dari pengurus masjid, iman dan marbot masjid serta warga setempat disuntikkan vaksin. Vaksinasi tersebut atas kerja sama Pemkot Makassar dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Ada 120 orang yang divaksin. Ini baru pertama untuk pengurus masjid disini, dan akan dilanjutkan ke masjid lainnya nanti. Vaksinasi ini kerja sama DMI dengan Pemkot melalui tim Satgasnya," ujar Humas DMI Makassar, Ismun.

Di lokasi lainnya, vaksinasi Covid-19 juga berlangsung di Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar. Seratusan penyandang disabilitas ikut divaksin oleh Satgas dari Dinas Kesehatan melalui tim di Puskesmas setempat, dengan kouta disiapkan 300 dosis.

"Kita targetkan 300 orang per hari ini, tapi tidak semua datang, hanya seratusan. Mereka yang divaksin teman-teman difabel, keluarganya dan pengiat inklusif. Tapi ada juga dari pekerja swasta, guru ikut divaksin hari," ujar Direktur Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDIK) Sulawesi Selatan Abdul Rahman.

Vaksinasi serentak juga berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Sudiang, Jalan Pajaiyya, Kecamatan Biringkanaya.



(PYP)

Berita Lainnya