Larangan Mudik, Sebanyak 1.330 Kendaraan Diputar Balik di Sulsel

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Total, sudah ada 1.330 kendaraan yang di putar arah selama pelarangan mudik sejak 6 Mei 2021 di Sulawesi Selatan (Sulsel). Ribuan kendaraan yang dicegat oleh petugas itu hendak melintasi daerah aglomerasi di Sulsel.

"Total hingga hari ini sebanyak 1.330 kendaraan (yang dicegat dan putar balik)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel M Arafah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 11 Mei 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.

Ribuan kendaraan yang tercatat datanya di Dishub Sulsel itu diputar balik karena berniat melintasi daerah aglomerasi yang telah ditetapkan pemerintah. Mereka dicegat di posko pemeriksaan yang sudah didirikan.

Mereka yang dicegat menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Jumlah yang dipulangkan pun hampir sama antara jenis kendaraan
tersebut.

Baca juga: Pemudik di Makassar Pilih Jalur Tikus Hindari Penyekatan

"Mereka menggunakan kendaraan pribadi. Baik roda dua maupun roda empat," jelasnya.

Apalagi pemudik yang nekat tersebut tidak mengantongi syarat administrasi seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Sehingga mereka tidak memenuhi syarat untuk bisa ke luar ke wilayah aglomerasi.

"Kebanyakan tidak memiliki surat keterangan bebas covid-19," ucapnya.

Arafah memastikan, pihaknya bersama dengan TNI dan Polri akan terus melakukan penjagaan di batas-batas daerah yang menjadi tujuan pemudik. Pihaknya juga akan lebih memperketat pos penjagaan di batas-batas tersebut. (Muhammad Syawaluddin)
 



(SYI)

Berita Lainnya