Imunisasi Anak Usia PAUD di Makassar Dimasifkan

Koordinasi pelaksanaan program peningkatan imunisasi pada anak usia PAUD dengan melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Pokja PAUD, Kemenag dan pihak Media Massa di Makassar, Selasa (8/11/2022). ANTARA/Nur Suhra Wardyah Koordinasi pelaksanaan program peningkatan imunisasi pada anak usia PAUD dengan melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Pokja PAUD, Kemenag dan pihak Media Massa di Makassar, Selasa (8/11/2022). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan menyasar 10 sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk melakukan program Imunisasi Kejar. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan capaian imunisasi pada anak di bawah lima tahun.

Agar pelaksanaan program berjalan lancar, Dinkes Kota Makassar melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah dinas terkait pada Selasa, 8 November 2022. Di antaranya adalah Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Pokja PAUD, Kemenag, dan pihak media massa.

"Kita butuhkan komitmen bersama dalam pelaksanaan imunisasi kejar pada wilayah intervensi," ujar Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinkes Makassar Zakiah Darajat, dikutip dari Antara, Rabu, 9 November 2022. 

Adapun 10 PAUD yang menjadi sasaran program yaitu PAUD Masagena, Rappocini, TK Pertiwi Setda Sulawesi Selatan, TPA inang matutu Rappocini, TK Rahma Rappocini, TK Kartika XX-11 Sulsel, TK Dua Putra Biringkanaya, TK Rama Panakkukang, TK Handayani Pai, TK Bhayangkari 01 Ujung Pandang, dan TK Aisyiyah Mamajang.

Unicef melalui Yayasan Gaya Celebes (YGC) Makassar juga memberi dukungan penuh terkait rencana penguatan imunisasi pada anak usia PAUD ini.  Zakiah menyebut 10 PAUD terpilih menjadi percontohan bagi sekolah lain dalam melengkapi status imunisasi anak usia dini.

"Diharapkan PAUD yang lain mengikuti. Jadi kita akan lakukan skrining pada 10 PAUD di awal, dan diharapkan bertambah hingga semua PAUD yang totalnya 564 PAUD di Kota Makassar bisa mengikuti," terang dia.

Nantinya skrining terkait dengan imunisasi anak dilakukan pada peserta didik, melalui orang tua hingga buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Program Imunisasi Kejar juga akan dilakukan di 60 PAUD di Kabupaten Bone dan Bulukumba. Totalnya, program ini akan menyasar 70 PAUD se- Sulawesi Selatan.

Program Manager YGC Rahmannur Syam menjelaskan  tiga daerah tersebut dipilih karena telah menjadi kategori PAUD HI (Holistik Integratif) yang sebelumnya telah memperoleh pembelajaran secara terpadu dari Dinas Pendidikan.Adapun materi pembelajaran PAUD HI adalah seputar kesehatan, gizi, pendidikan, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan.

"Program ini merupakan bentuk sinergi bersama, sebab permasalahan kesehatan tidak harus diselesaikan dari fasilitas dan layanan kesehatan," ujar Rahmannur.

Baca Juga: Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Perkuat Prokes, Antisipasi  Omicron XBB



(SUR)

Berita Lainnya