Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Perkuat Prokes, Antisipasi  Omicron XBB

Kepala Dinkes Sulsel Rosmini (tengah) sedang memberikan keterangan terkait ancaman penyakit gagal ginjal dan Omicron XBB di Makassar, Kamis (3/11/2022). FOTO ANTARA/ HO-Dinkes Sulsel Kepala Dinkes Sulsel Rosmini (tengah) sedang memberikan keterangan terkait ancaman penyakit gagal ginjal dan Omicron XBB di Makassar, Kamis (3/11/2022). FOTO ANTARA/ HO-Dinkes Sulsel

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan mengimbau pemerintah kabupaten dan kota di daerah itu untuk memperkuat antisipasi pencegahan dan penularan covid-19 varian Omicron XBB. Peringatkan tersebut dituangkan dalam surat edaran Dinkes Sulsel.

Dinkes Sulsel mengajak masyarakat untuk kembali memperketat protokol kesehatan (prokes). Di antaranya dengan melakukan 3M yakni,  mencuci tangan, memakai masker, hingga menghindari keramaian.

"Surat edaran sesuai rencana sudah kita kirimkan ke seluruh 24 kabupaten/kota di Sulsel hari ini. Kami tentu berharap bisa bersama-sama saling menjaga agar varian ini tidak sampai masuk ke Sulsel," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel Ardadi, dikutip dari Antara, Kamis, 3 November 2022.

Ardadi mengatakan saat ini belum ada kasus covid-19 varian Omicron XBB di Sulsel. Namun, menurutnya pemerintah daerah harus melakukan antisipasi agar masyarakat terhindar dari ancaman covid-19 varian baru tersebut.

Dinkes Sulsel juga mengajak masyarakat  mewaspadai pintu-pintu masuk baik melalui bandara, pelabuhan ataupun terminal keberangkatan. Hal ini penting dilakukan mengingat tingkat mobilisasi semakin meningkat menjelang libur tahun baru mendatang.

"Paling tidak jangan ada pelonggaran prokes karena akhir akhir tahun ini, pergerakan orang memang akan semakin meningkat," ucap Ardadi.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Untuk Bantu Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia



(SUR)

Berita Lainnya