Daur Ulang Ban Bekas, Produsen Ban Pamerkan Sepatu Ramah Lingkungan

Yase memproduksi sepatu dengan menggunakan material ban daur ulang. Hankook Yase memproduksi sepatu dengan menggunakan material ban daur ulang. Hankook

Apakareba: Ban menjadi salah satu barang yang sulit untuk diurai setelah masa pakainya habis. Oleh sebab itu, sebuah merek sepatu dan ban di Korea Selatan memanfaatkan ban-ban bekas untuk digunakan sebagai material utama sepatu mereka.
 
Sepatu ini merupakan hasil kerja sama antara Hankook Tire berkolaborasi dengan perusahan sepatu Yase. Kolaborasi keduanya menjadi bentuk nyata dari dedikasi untuk menjadikan bumi menjadi lebih asri.

Melansir Medcom.id, kerja sama sudah dimulai sejak 2013 sebagai komitmen penggunaan bahan ramah lingkungan dan kelestarian alam. Karena kelestarian alam adalah bagian penting dan agenda utama, perusahaan ban global ini selalu menjadikan daur ulang sebagai agenda tahunan mereka.

Baca juga: Deretan Startup Atasi Permasalahan Lingkungan di Indonesia
 
Ban-ban bekas ini kemudian diberikan kepada Yase untuk diolah, khusus menjadi sol sepatu karena bahan utamanya adalah karet. Kemudian Yase juga merancang kotak sepatu, label, dan pamflet semuanya 100 persen terbuat dari serat tebu.
 
Terdapat lima produk yang diperkenalkan lewat kolaborasi ini: empat sepatu dress (untuk gaya semi formal dan formal) dan satu sepatu insole. Jajaran sepatu gaya terdiri dari Chelsea boots, square toe Chelsea boots, Derby shoes dan square toe Derby shoes.
 
Semua sepatu dipasarkan secara online di Korea Selatan. Kedua perusahaan Asia ini juga juga berencana untuk melanjutkan kolaborasi untuk merilis sepatu lari pada Oktober nanti.



(NAI)