Cek 10 Tips Atasi Warna Kulit Tidak Merata

Kamu bisa membantu regenerasi kulit berlangsung lebih cepat dengan rutin melakukan eksfoliasi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Kamu bisa membantu regenerasi kulit berlangsung lebih cepat dengan rutin melakukan eksfoliasi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Warna kulit tak rata atau biasa disebut dengan hiperpigmentasi ini disebabkan oleh kelebihan produksi melanin (zat pigmen dalam tubuh yang mewarnai rambut dan kulit). Kondisi itu kerap dialami oleh kebanyakan orang dan cenderung tidak berbahaya.

Walau begitu, hiperpigmentasi bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti yang dilansir dari Gaya.id pada Kamis, 22 September 2022, antara lain:

1. Memakai sunscreen

Cara mengatasi warna kulit tidak rata adalah hal penting sebab membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Aplikasikan sunscreen sebagai penutup rutinitas skincare pada pagi hari sebelum mulai melakukan aktivitas. Gunakan minimal SPF 30 dan PA+++ guna melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali. Terlebih, jika orang yang sering berkeringat.

2. Eksfoliasi

Dengan rutin melakukan eksfoliasi, dapat membantu regenerasi kulit berlangsung lebih cepat. Ada dua jenis eksfoliasi, yaitu eksfoliasi fisik berupa scrub dan eksfoliasi kimia berupa produk skincare yang mengandung asam sebagai eksfolian seperti glycolic acid. Frekuensi eksfoliasi juga menyesuaikan dengan jenis kulit wajah.

3. Memilih produk skincare yang tepat

Menggunakan produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit akan secara otomatis membuat kulit jadi lebih cerah dan segar. Maka dari itu, selalu pilih produk skincare yang tepat guna meratakan warna kulit wajah.

4. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih bisa memicu timbulnya jerawat atau memperparah peradangan yang tengah terjadi. Hal itu bisa meninggalkan noda hitam yang butuh waktu untuk pudar dan tampak samar.

5. Menjaga asupan makanan

Beberapa masalah kulit bisa dipicu oleh makanan. Untuk terhindar dari masalah itu, sebaiknya menerapkan pola makan yang sehat dengan nutrisi seimbang untuk sehari-hari. Hindari makanan tinggi gula lantaran gula berlebih bisa memicu peradangan di tubuh, termasuk di kulit.

6. Pastikan tubuh terhidrasi

Asupan cairan dalam tubuh sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit dan membantu regenerasi sel-sel kulit. Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan konsumsi air putih minimal dua liter sehari. Juga, batasi minuman berkafein tinggi dan beralkohol sebab bisa memicu terjadinya dehidrasi.

7. Cukup tidur

Begadang memiliki efek buruk terhadap kulit. Tidak hanya membuat wajah tampak pucat, kulit juga menjadi kusam. Mencukupi waktu tidur sangat penting guna mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari masalah hiperpigmentasi.

8. Jaga pola hidup sehat

Pastikan untuk berolahraga secara teratur dan tidak merokok. Tujuannya, untuk menjaga kulit tetap sehat serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya.

9. Terapi laser

Perawatan di klinik kecantikan bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi warna kulit tak rata. Terapi laser dapat dijadikan pilihan untuk memudarkan hiperpigmentasi dampak paparan sinar matahari, PIH, dan pertambahan usia.

10. Memakai produk make up

Pilihan terakhir sebagai cara untuk meratakan warna kulit tidak rata adalah dengan menggunakan produk make up. Tetapi, perlu diingat bahwa efek penggunaan make up hanya sementara. Maka dari itu, masalah hiperpigmentasi harus tetap diatasi.

 

BACA: Warna Kulit Wajah Tidak Merata? Cek Penyebabnya di Sini!



(SUR)

Berita Lainnya