KPU Kota Palu Siapkan Surat Suara Braille untuk Pemilih Disabilitas Tunanetra

Ilustrasi - Seorang warga mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditempelkan di Kantor Kelurahan Lolu Selatan, Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA FOTO/Basri Marzuki) Ilustrasi - Seorang warga mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditempelkan di Kantor Kelurahan Lolu Selatan, Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Palu: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyiapkan surat suara khusus yang dilengkapi dengan huruf braille untuk pemilih yang memiliki disabilitas sensorik netra atau tunanetra dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"KPU menyiapkan surat suara untuk pemilih disabilitas sensorik netra dengan huruf braille yang tegas dan dapat diraba oleh jari," kata Komisioner Divisi Data Pemilih KPU Kota Palu Muhammad Musbah, dikutip dari Antara, Jumat, 22 September 2023.

Musbah berharap adanya fasilitas ini dapat membantu pemilih disabilitas, khususnya tunanetra untuk bisa menyalurkan hak suaranya. Menurutnya, pemilu yang diadakan setiap lima tahun sekali ini dapat diikuti dan dirasakan oleh semua warga yang memenuhi syarat pemilih, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

"Karena itu KPU memberikan prioritas kepada para pemilih berkebutuhan khusus untuk memenuhi hak politiknya, salah satunya dengan menyiapkan surat suara dengan huruf cetak braille," ujarnya.

Berdasarkan data KPU Kota Palu, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah tersebut untuk Pemilu 2024 mencapai 271.124 orang, terdiri dari 132.851 pemilih laki-laki dan 138.273 pemilih perempuan. Pemilih tersebut tersebar di 1.072 tempat pemungutan suara (TPS) yang terdiri dari 1.067 TPS reguler dan lima TPS khusus yang tersebar di 46 kelurahan dan 8 kecamatan.

Dari total jumlah pemilih tersebut, 797 orang di antaranya penyandang disabilitas, yakni 29 pemilih disabilitas intelektual, 321 pemilih disabilitas fisik, 239 pemilih disabilitas mental, 111 pemilih disabilitas sensorik wicara, 24 pemilih disabilitas sensorik rungu, dan 73 pemilih disabilitas sensorik netra.



(SUR)

Berita Lainnya