Wagub Sulut Ajak ASN Adopsi Program Jumat Hari Tanpa Nasi

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw. ANTARA/Karel A Polakitan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw. ANTARA/Karel A Polakitan
Manado: Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengajak aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten dan kota mengadopsi program 'Jumat Hari Tanpa Nasi' dari Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jika program tersebut bisa direalisasikan, total konsumsi beras daerah bisa ditekan.


"Bayangkan kalau program ini diterapkan, berapa ton beras yang tidak dikonsumsi, dicoba dulu, akan lebih hemat," kata Wagub Steven di Manado, Selasa. Steven menyebut angka inflasi provinsi Sulawesi Utara masih berada di bawah nasional walau saat ini terjadi indeks harga pangan, seperti harga beras, naik.

"Beras Premium misalkan, di pasar Rp14 ribu, sementara beras bulog Rp10.900," ujarnya.

Kenaikan tersebut akibat musim kemarau sehingga sentra-sentra produksi padi yang biasanya tiga kali menanam, berkurang menjadi dua kali, bahkan ada yang satu kali menanam. Ia sekaligus mengajak untuk menanam umbi-umbian sebagai bahan pangan alternatif

"Kondisi ini harus diantisipasi," ujar Wagub.

Sebelumnya, untuk mengendalikan inflasi di daerah, Gubernur Olly Dondokambey sudah menerapkan operasi pasar di Kota Bitung dan nantinya juga akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Minahasa seperti di Kecamatan Langowan, Kecamatan Kawangkoan dan Kecamatan Pineleng.



(SUR)

Berita Lainnya