Ketua DPR Minta Penanganan Warga Korban Erupsi Gunung Semeru Jadi Prioritas

Ketua DPR RI Puan Maharani. FOTO: DPR. Ketua DPR RI Puan Maharani. FOTO: DPR. Ketua DPR RI Puan Maharani. FOTO: DPR. Ketua DPR RI Puan Maharani. FOTO: DPR.

Apakareba: Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah bersama instansi terkait untuk memprioritaskan atau mengutamakan penyelamatan warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Pemerintah juga didorong agar segera melakukan tanggap darurat untuk meminimalkan korban jiwa.
 
"Utamakan penyelamatan warga terdampak gunung meletus, terutama di sekitar Gunung Semeru yang terjebak di rumahnya," kata Puan melalui keterangan tertulis, dilansir Medcom.id, Minggu, 5 Desember 2021.
 
Puan mengaku prihatin dengan musibah tersebut. Dia meminta pemerintah daerah mengoptimalkan koordinasi dengan BPBD, TNI/Polri, dan berbagai lembaga/instansi lainnya.

Warga Desa Curah Kobokan, Lumajang, Jawa Timur, yang berada di lereng Gunung Semeru dilaporkan tengah membutuhkan bantuan. Warga yang tak sempat keluar dari desa saat erupsi terjadi dan berlindung di masjid serta membutuhkan evakuasi.

Baca juga: Waduh, Konten Pornografi Dominasi Ruang Digital Negatif
 
"Kerahkan tim SAR terdekat untuk mengevakuasi warga. Hal ini harus menjadi prioritas," kata dia.

Puan menyampaikan logistik hingga perlengkapan medis juga harus tersedia bagi warga yang menjadi korban letusan Semeru. Pemerintah daerah perlu menyiapkan pengungsian yang nyaman bagi warga, khususnya balita, anak-anak, lansia, serta ibu hamil dan menyusui.
 
Erupsi Gunung Semeru kali ini disebut lebih besar daripada 2020. Erupsi yang terjadi menyebabkan warga merasakan hujan kerikil dan lumpur. Selain itu, erupsi Gunung Semeru membuat dua kecamatan di Lumajang dalam kondisi gelap gulita.



(NAI)

Berita Lainnya