Pemudik Waspada, Sejumlah Provinsi Diprediksi Hujan Lebat

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Foto: Antara/Dedhez Anggara/rwa. Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Foto: Antara/Dedhez Anggara/rwa.

Jakarta: Prediksi cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Potensi hujan mengguyur sejumlah provinsi di Indonesia pada Selasa, 3 Mei 2022.

“Dari laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa, sejumlah provinsi yang mengalami prakiraan cuaca tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, dan Jawa Barat,” menyebut BMKG, dikutip dari Antara, Selasa, 3 Mei 2022.

Kondisi serupa juga berpotensi melanda wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

“Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku Utara,” tulis BMKG.

BMKG mengimbau kepada para pemudik khususnya pengguna jalur darat untuk memperhatikan informasi cuaca. Terlebih masa mudik Lebaran tahun ini bertepatan dengan pancaroba.



(UWA)

Berita Lainnya