Sering Dengar Lagu Galau saat Sedih? Ternyata Ada Manfaatnya!

Perasaan sedih kerap kali muncul ketika seseorang dilanda patah hati atau depresi. Tidak sedikit yang memilih untuk tenggelam dalam kesedihan dan menyalurkan emosinya sambil mendengarkan lagu galau. Foto: Pexels Perasaan sedih kerap kali muncul ketika seseorang dilanda patah hati atau depresi. Tidak sedikit yang memilih untuk tenggelam dalam kesedihan dan menyalurkan emosinya sambil mendengarkan lagu galau. Foto: Pexels

Jakarta: Perasaan sedih kerap kali muncul ketika seseorang dilanda patah hati atau depresi. Baik itu masalah percintaan, keluarga, hingga pekerjaan.

Tidak sedikit yang memilih untuk tenggelam dalam kesedihan dan menyalurkan emosinya sambil mendengarkan lagu galau. Namun, apakah mendengarkan lagu galau adalah pilihan yang tepat untuk mengusir kesedihan Anda?

Berdasarkan penelitian dari Freie Universitat Berlin, Jerman, mendengarkan lagu galau bisa membangkitkan emosi positif seperti kedamaian dan kelembutan. Para peneliti mengungkapkan, bahwa orang-orang mendengarkan lagu galau untuk mengubah kesedihan mereka menjadi rasa nyaman saat menghadapi perasaan galau.

Baca: Sering Konsumsi Makanan Kemasan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Dilansir dari Hellosehat, berikut manfaat mendengarkan lagu galau ketika Anda sedang merasa sedih.

1. Membantu mengungkapkan perasaan

Lagu melankolis yang indah dapat menjadi perantara yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih Anda. Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif Anda muncul, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpicu untuk menghambat reaksi dari perasaan tersebut. Jadi, perasaan sedih Anda tidak akan berlarut-larut.

Bahkan, dalam sebuah penelitian pada 2014, musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih kerap menjadi favorit untuk didengarkan setelah putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan kita.

2. Menghindari tindakan impulsif yang merugikan

Pendengar musik mampu menyadari perbedaan antara kenyataan dan apa yang digambarkan dalam lagu. Perbedaan ini memungkinkan pendengar untuk merasakan emosi negatif dalam pikirannya tanpa membuatnya berperilaku negatif.

Ketika mendengarkan lagu sedih, pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan.

Caranya bukan dengan sebuah tindakan negatif yang impulsif, melainkan bisa dengan merenung atau kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

Baca: Simak, Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Berolahraga

3. Membantu refleksi diri

Mendengarkan lagu sedih mendorong kita untuk melakukan refleksi terhadap diri sendiri. Dengan cara ini, lagu sedih bisa membantu pendengarnya melakukan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kedewasaannya.

4. Mengubah pola pikir tentang masalah yang dihadapi

Lagu galau bisa memengaruhi pendengarnya dan juga membantunya keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi.

Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau juga akan mengingatkan bahwa Anda pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya Anda masih baik-baik saja.

Baca: Kerap Memendam Emosi? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Fisik dan Mental!

5. Membangkitkan perasaan positif

Bersamaan dengan rasa sedih, musik melankolis bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati.

Perasaan tersebut bisa membuat pendengarnya berperilaku baik dan positif. Serta membuatnya merasa puas karena bisa lepas dari perasaan sedih tersebut.



(UWA)

Berita Lainnya