Ini Tips Kelola Stress dari Psikolog yang Bisa Dicoba

Ilustrasi seorang pekerja sedang stres. (Pexels) Ilustrasi seorang pekerja sedang stres. (Pexels)

Psikolog klinis, Lathifah Utami, anggota Himpunan Psikologi Indonesia, mengatakan cara mengelola stres yang baik. Tujuannya, supaya tidak berujung terhadap gangguan kesehatan mental.

“Kenali akar masalah dan tetapkan langkah penyelesaiannya,” ujar Lathifah, dikutip dari Antara, Rabu, 12 Oktober 2022.

Ia menuturkan apabila seseorang merasa kesulitan untuk mengatasinya, carilah orang yang dipercaya atau anggap kompeten seperti tenaga profesional. Seperti psikolog atau psikiater untuk berdiskusi.

Maka dari itu, masalah dapat dilihat dari sudut pandang lain. Diskusi tersebut juga menghasilkan referensi penyelesaian masalah yang berbeda.

“Harapannya, kita menjadi lebih siap dalam mengatasi tekanan tersebut,” katanya.

Menurutnya, tekanan pasti selalu ada dalam hidup yang datang dari keluarga, pertemanan, bahkan pekerjaan. Stres sebenarnya dibutuhkan manusia supaya bisa berkembang. Tetapi, tekanan tersebut harus dikelola secara konstruktif supaya memberikan manfaat, bukannya dampak buruk.

Cara lainnya untuk mengelola stres ialah meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai.

“Seringkali ketika fokus dalam suatu persoalan seperti pekerjaan, kita melupakan perlunya melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi diri kita seperti melakukan hobi, berekreasi, relaksasi,” katanya.

Padahal, aktivitas menyenangkan diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam hidup.

Ia juga menyarankan untuk membuat prioritas, lantaran stres bisa muncul saat beragam tugas, tanggung jawab atau pilihan hadir di hadapan seseorang secara bersamaan.

“Maka dari itu, membuat prioritas dapat menjadi langkah awal,” ujarnya.

Tentukan prioritas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi. Dengan begitu, seseorang bisa lebih fokus dalam menyelesaikan permasalahan dan menentukan langkahnya.

Seusai berusaha segenap tenaga, yang terakhir dapat dilakukan ada berdoa dan ikhlas atas hasilnya.

“Ketika upaya sudah dikerahkan untuk mengatasi suatu masalah, maka serahkan dan pasrahkan hasilnya kepada tuhan YME,” ujarnya.

Berdoalah untuk dapat hasil yang terbaik. Namun, jika apa yang tak sesuai dengan keinginan tetap yakinkan hati bahwa itu memang hal yang terbaik. Serta, pasti ada pelajaran yang dapat dipetik.



(SUR)

Berita Lainnya