Gelar Pasar Murah, Disperindag Palu Subsidi Empat Komoditas Pangan untuk Warga Prasejahtera

Pemkot Palu subsidi minyak goreng dalam kemasan pada pasar murah di momen HUT ke-45 Kota Palu, Selasa (26/9/2023). ANTARA/Moh Ridwan Pemkot Palu subsidi minyak goreng dalam kemasan pada pasar murah di momen HUT ke-45 Kota Palu, Selasa (26/9/2023). ANTARA/Moh Ridwan
Palu: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu mengadakan pasar murah untuk membantu warga prasejahtera yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Subsidi Rp5.000 per kilogram diberikan untuk komoditas beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu.

Kepala Disperindag Kota Palu Zulkifli menjelaskan pengadaan empat jenis komoditas ini senilai Rp30 juta oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait guna memberikan kemudahan akses bagi warga prasejahtera dalam memenuhi kebutuhan pokok. Untuk dapat memanfaatkan subsidi pemerintah, warga wajib membawa kartu PKH dan KTP-el. 

Pembelian beras dalam kemasan dibatasi hingga 10 kilogram per orang. Namun, stok beras murah tetap habis dalam sekejap. "Masyarakat antusias berbelanja khususnya bahan pangan di subsidi. Beras kami siapkan sebelumnya 3,6 ton habis terjual, kami tambah 2 ton dari gudang Bulog," ujar Zulkifli dikutip dari Antara, Selasa, 26 September 2023.

 Beras di pasar murah dijual seharga Rp40 ribu per sak ukuran 5 kilogram, tepung terigu Rp8 ribu per kilogram, gula pasir Rp10 ribu per kilogram, dan minyak goreng dalam kemasan Rp9 ribu per liter. Pasar murah ini berlangsung selama 26-27 September 2023.

Pasar murah ini juga sengaja digelar untuk mengendalikan harga pangan dan menjaga stabilitas inflasi pada momen HUT ke-45 Kota Palu.

"Kami harap masyarakat memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari rumahtangga," ucapnya.
???????

(SUR)

Berita Lainnya