Pemkot Makassar Bentuk Tim Khusus untuk Kendalikan Inflasi

Tim Disdag Makassar melakukan pengecekan harga di pasar tradisional. Antara/HO Pemkot Makassar Andalkan Tim Garda untuk Kendalikan Inflasi Tim Disdag Makassar melakukan pengecekan harga di pasar tradisional. Antara/HO Pemkot Makassar Andalkan Tim Garda untuk Kendalikan Inflasi

Pemerintah Kota Makassar (Pemkot Makassar) membentuk tim khusus untuk mengendalikan inflasi. Tim tersebut rutin melakukan pengecekan harga serta ketersediaan pasokan di sejumlah distributor dan pasar tradisional.

"Tim garda inflasi ini rutin berkeliling ke pasar-pasar dan distributor barang untuk memastikan ketersediaan stok," kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar, Arlin Ariesta dikutip dari Medcom.id, Rabu, 2 November 2022.

Arlin menyebut  tim garda pengendalian inflasi terdiri atas berbagai unsur seperti perwakilan dari Badan Pusat Statistik (BPS), Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, dan Perumda Pasar Makassar Raya.

Dia mengatakan pengecekan dan pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat dinilai efektif menekan inflasi sejak beberapa bulan terakhir. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Makassar mengalami deflasi 0,11 persen per Oktober 2022 .  

"Tingkat inflasi kita rendah di bawah rata secara nasional dan provinsi, tentu ini harus terus kita pertahankan," tutur Arlin. 

Disdag Makassar juga menyiapkan langkah-langkah intervensi seperti operasi pasar murah yang akan dilaksanakan di seluruh kecamatan Kota Makassar.

Baca Juga: BI: Pemerintah Pusat dan Daerah harus Kerja Bersama Tekan Inflasi



(UWA)

Berita Lainnya