Yuk Mengenal Jenis Yogurt dan Manfaatnya untuk Tubuh

Ilustrasi Yogurt/Sumber: Mymilk.com Ilustrasi Yogurt/Sumber: Mymilk.com

Apakareba:  Minuman sehat yogurt belakangan semakin menjadi pilihan untuk orang yang ingin memulai pola hidup sehat. Pada dasarnya yogurt merupakan minuman yang kaya akan kandungan mineral kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, asupan vitamin B12 serta asam folat yang membantu melancarkan aliran darah Anda. Kemudian juga terdapat kandungan bakteri baik yang menyehatkan pencernaan.

Namun, jika Anda masih baru dalam memulai gaya hidup sehat ada baiknya menyimak artikel ini. Sebab, terdapat beberapa jenis yogurt yang baik untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan Anda. Dihimpun dari hellosehat.com, berikut ini informasinya.

1. Greek yogurt
Greek yogurt adalah salah satu jenis yogurt yang cukup populer. Tidak jauh berbeda dengan yogurt biasa, jenis greek memiliki teksturnya lebih kental. Jenis yogurt ini memiliki kandungan whey dan laktosa yang jauh lebih rendah dibandingkan yogurt biasa.
 
Greek yogurt juga mengandung protein dua kali lebih banyak. Namun, kalori dan lemak yang dikandung greek yogurt memang lebih banyak dan kandungan kalsiumnya lebih sedikit daripada yogurt biasa.

Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, greek yogurt merupakan pilihan yang bagus. Greek yogurt bagus untuk Anda yang sedang mengalami infeksi karena penyakit tertentu.


2. Non-dairy yogurt
Selanjutnya jenis non-dairy yogurt. Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, selain greek yogurt, Anda juga bisa meminum yogurt yang terbuat dari bahan alternatif selain susu ini. Produk ini dinamakan non-dairy yogurt yang terbuat dari kacang kedelai atau kelapa.
 
Jenis yogurt ini tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk Anda konsumsi. Selain itu, karena yogurt jenis ini terbuat dari tumbuhan, kandungan lemaknya juga jauh lebih rendah.

Baca juga: Hindari 5 Jenis Makanan dan Minuman Penurun Daya Ingat Ini!

3. Rendah lemak
Walau lebih direkomendasikan karena kalori yang rendah, yogurt rendah lemak memiliki lebih banyak kandungan gula lho. Sebab, kandungan lemak yang rendah membuat rasanya tidak senikmat yogurt tinggi lemak. Sehingga, banyak produsen menambahkan gula agar yogurt tetap nikmat.

4. Tinggi lemak
Kemudian jenis yogurt tinggi lemak. Walau jarang direkomendasikan yogurt ini tidak sepenuhnya buruk. Walau kandungan kalorinya lebih tinggi, yogurt ini mengandung lemak trans alami yang tidak berbahaya.



(NAI)