BMKG: Waspada! Hujan Intensitas Tinggi dan Bencana Hidrometeorologi di Sulsel

Hujan lebat disertai kilat berpotensi terjadi di sebagian wilayah RI Hujan lebat disertai kilat berpotensi terjadi di sebagian wilayah RI

Apakareba: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan intensitas tinggi disertai kilat dan angin kencang, pada Senin, 1 November 2021. BMKG meminta masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).
 
"Waspada potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Sulsel bagian barat dan selatan," jelas BMKG, dilansir Medcom.id, Senin, 1 November 2021.
 
Tak hanya wilayah Sulsel, dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, disampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di berbagai daerah. Seperti, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Baca juga: Musim Hujan Tiba, BMKG: Waspada Potensi Bencana

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.
 
Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Barat-Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan timur Riau hingga Sumatera Selatan.
 
Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut China Selatan hingga Laut Natuna dan dari Papua hingga Teluk Cendrawasih.Menurut BMKG, kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.



(NAI)

Berita Lainnya