Upgrade SSD Jadi Solusi Laptop Lemot, Yakin?

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Laptop yang lemot sangat mengganggu produktivitas pengguna. Apalagi laptop menjadi kebutuhan penting di masa pandemi covid-19 yang memaksa kita bekerja dari rumah.

Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja laptop yang lemot. Seperti tingkat penggunaan yang tinggi mengakibatkan kemampuan dari perangkat keras seperti RAM dan Hard Disk (HDD) tidak optimal lagi.

Tetapi solusi dari masalah itu tidak selalu mengharuskan pengguna untuk membeli laptop yang baru. Semua itu bisa teratasi dengan melakukan upgrade RAM atau SSD.

Namun keterbatasan finansial seringkali memaksa pengguna harus memilih satu di antara keduanya. Supaya tidak sia-sia, penting untuk mengetahui kebutuhan dari pemakaian laptop.

Apa itu RAM dan SSD?

RAM itu menyimpan cache aplikasi dan file system yang sudah dikerjakan oleh prosesor (CPU). Sehingga RAM yang memiliki kapasitas besar akan membantu meringankan beban CPU atau prosesor dan mempercepat aksesnya. 

Selain itu akan semakin banyak cache file yang disimpan dan ketika pengguna melakukan multitasking terasa lebih cepat. Karena beban prosesor akan berkurang.

Sedangkan SSD berfungsi sebagai media penyimpanan data atau file system dan aplikasi yang terinstal di komputer. Tugasnya hanya membaca (read), tulis (write), dan hapus (erase) data yang diminta pengguna.

Baca: Rekomendasi Laptop Gaming Murah 2021 Cuma Rp10 Jutaan

Jadi lebih baik upgrade yang mana dulu?

Jika laptop lebih banyak digunakan untuk membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, seperti browsing dengan membuka tabs yang banyak, sebaiknya upgrade RAM terlebih dahulu.

RAM akan membantu mengakomodir multitasking yang lebih cepat. Kemungkinan, laptop yang selama ini lemot hanya memiliki RAM sedikit namun dipaksa untuk membuka banyak aplikasi dan program. Hal itu justru membuat beban prosesor semakin tinggi.

Sementara, jika ingin kecepatan dalam membuka aplikasi, rendering video, gaming ringan, disarankan untuk upgrade SSD. Kemampuan SSD dalam membaca terkenal 4 kali lebih cepat dibanding HDD.

Itulah penjelasan terkait solusi dari laptop yang lemot. Semua itu harus disesuaikan kebutuhan dan finansial. Semoga membantu.



(RAI)

Berita Lainnya