Hore! Sumsel Dinyatakan Bebas Varian Delta

Gubernur Sumsel, Herman Deru. Dokumentasi/ Istimewa Gubernur Sumsel, Herman Deru. Dokumentasi/ Istimewa

Apakareba: Sebanyak empat kasus covid-19 varian Delta yang terdeksi di Sumatra Selatan pada Desember 2020 dinyatakan pulih. Pernyataan itu disampaikan secara resmi oleh Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru.

Meskipun sempat terjadi di Palembang, Prabumulih, Muara Enim, dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Herman menyatakan keempat varian tersebut telah dinyatakan sembuh pada Januari lalu. Hingga kini tidak ditemukan lagi pasien varian Delta di Sumatra Selatan.

Baca: Nelayan Gorontalo Utara yang Hilang Telah Ditemukan

Padahal sebelumnya keempat kasus tersebut selalu menjadi perbincangan pemerintah pusat, kendati kasus tersebut telah dilaporkan sembuh. Maka dari itu Herman meminta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dapat mengganti data lama mengenai virus varian Delta di Sumsel.

"Kami meminta agar pusat memperbarui data tentang kasus ini. Kita di Sumsel ini terus melakukan tracking dan tracing terhadap perkembangan kasus covid-19 ini," kata Herman seperti dilansir dari Medcom.id.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nurainy, mengatakan tracing dan pemeriksaan telah dilakukan kepada sekitar lebih 24 sampel, dan hasilnya negatif. Sehingga sejauh ini varian Delta di Sumsel tidak ditemukan lagi.

"Itu juga kita telah lakukan tracing dan diperiksa kurang lebih 24 sampel semuanya negatif. Kemudian beberapa hari lalu dari surat Kemenkes, Pusat Litbangkes telah mengonfirmasi bahwa dari beberapa sampel yang diperiksa tidak ditemukan varian baru yang menjadi perhatian," kata Lesty. (Gonti Hadi Wibowo)



(RAI)

Berita Lainnya