Grab Resmikan Fasilitas Ruang Serbaguna Untuk Penyandang Disabilitas

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (ketiga kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan Mitra Pengemudi Disabilitas Wicara Grab Oni Maulana (ketiga kanan) dalam rangka peresmian Ruang SETARA di Jakarta (22/09). Prosesi ini tur Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (ketiga kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan Mitra Pengemudi Disabilitas Wicara Grab Oni Maulana (ketiga kanan) dalam rangka peresmian Ruang SETARA di Jakarta (22/09). Prosesi ini tur

Grab Indonesia meresmikan fasilitas ruang temu serbaguna gratis yang dinamakan “Ruang Setara” di Grab Excellence Center Cilandak, Jakarta, bertepatan dengan Hari Bahasa Isyarat Internasional, Jumat, 23 September 2022. Fasilitas itu dapat dimanfaatkan bagi para penyandang disabilitas. 

Peresmian Ruang Setara merupakan salah satu aksi nyata  gagasan yang diinisasi Grab, bertajuk PercayaSETARA, dalam menyuarakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Aksi ini pun mendapat apresiasi dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI). 

"HWDI menghargai upaya Grab Indonesia untuk lebih ramah disabilitas dan bangga juga menjadi saksi atas perkembangan yang sangat kentara, termasuk menyediakan ruang bagi teman-teman penyandang disabilitas untuk berkumpul dan beraktivitas," ujar Ketua I Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi HWDI  Walin Hartati, dilansir dari Antara, Minggu, 25 September 2022. 

Organisasi tunarungu  Gerkatin mengatakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul dan berkegiatan oleh para penyandang disabilitas masih jarang. Untuk itu,  peresmian Ruang SETARA diharap dapat  menjadi acuan bagi perusahaan lain untuk menyediakan sarana serupa. 

"GERKATIN berharap bahwa peresmian Ruang SETARA ini merupakan langkah awal yang baik dan dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain untuk menjembatani kesetaraan dengan memberikan dukungan bagi perjuangan pemenuhan hak-hak teman Tuli," tambah Ketua Umum DPP GERKATIN Bambang Prasetyo.

Grab Indonesia menyediakan  berbagai fasilitas yang dapat digunakan para penyandang disabilitas untuk melakukan pertemuan atau pelatihan di Ruang SETARA. Di antaranya    kursi lipat dengan meja, kamera, speaker, papan tulis, screen, proyektor dan air minum. 

Saat ini ruangan belum dapat digunakan oleh umum karena masih dalam tahap uji coba. Hanya beberapa komunitas  yang tera?liasi dengan asosiasi yang yang telah bekerja sama dengan Grab Indonesia seperti GERKATIN, HWDI dan Pusbisindo yang diperbolehkan. 

Namun nantinya, pada pertengahan Oktober 2022, Ruang SETARA dapat digunakan oleh komunitas penyandang disabilitas lainnya sesuai dengan prosedur yang akan ditetapkan oleh Grab Indonesia.  Ruangan ini akan beroperasi Senin hingga Jumat pukul 08:00 - 17:00 WIB. 

"Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang kerap tidak mendapatkan peluang setara, padahal memiliki kemampuan dan potensi yang sama besar. Atas dasar itu, Grab terus berupaya untuk berjalan beriringan dengan asosiasi penyandang disabilitas tanah air untuk membantu mendorong lingkungan yang lebih ramah disabilitas," kata Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

BACA: Pemerintah Sulsel Ajak Kaum Disabilitas Manfaatkan Virtual Job Fair 2022



(SUR)