Cara Mengatasi Malas Usai Libur Lebaran

ilustrasi-malas. Foto: Pexels ilustrasi-malas. Foto: Pexels

Apakareba: Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Setelah berhari-hari libur untuk bercengkrama dengan keluarga dan melepas penat, kembali produktif saat bekerja bisa menjadi tantangan tersendiri.

Namun jangan khawatir. Ada beberapa cara ampuh untuk mengusir rasa malas dan kurang semangat kerap menghampiri usai libur lebaran. Melansir Medcom, berikut cara mengatasi malas usai lebaran

1. Tak malas mengembangkan diri

Pengembangan diri sangat penting karena berpengaruh besar terhadap hidup kamu. Tak terkecuali pekerjaanmu saat ini. Kamu bisa mencari inspirasi untuk mengembangkan diri dari buku, pelatihan, atau sekadar menonton seminar atau podcast informatif.

2. Buat rencana setelah lebaran

Salah satu cara untuk mengusir kemalasan usai liburan adalah membuat to-do-list hal yang kamu akan kerjakan. Membuat rencana yang akan kamu kerjakan akan membuat kamu memecahkan sesuatu yang abstrak di hidupmu, termasuk soal pekerjaan.

3. Sharing dengan rekan kerja

Cara selanjutnya agar kembali produktif adalah dengan berbagi cerita dengan rekan kerja. Usahakan kamu tidak menjauh dengan teman kantor usai liburan. Dengan berbagi cerita dengan rekan kerja, seperti pengalaman mudik dan sebagainya akan membentuk lingkungan nyaman di kantor, sehingga kamu tidak ada alasan bermalas-malasan lagi setelah libur panjang

4. Rapikan meja kerja

Merapikan meja kerja merupakan salah satu cara ampuh untuk mengusir rasa malas setelah liburan. Membuat tempat kerja bersih dan rapi akan mendorong kamu untuk kembali produktif bekerja.

5. Jangan langsung gaspol, apalagi ambil lembur

Saat hari pertama masuk kerja, jangan kamu langsung tancap gas soal pekerjaan apalagi sampai mengambil lembur. Sebab hal ini akan membuat kamu lelah.Alih-alih menjadi pekerja produktif, terlalu memaksakan pekerjaan di awal malah membuat kamu malas bekerja di hari berikutnya.

6. Buat ritme kerja menyenangkan

Terakhir, buat ritme kerja menyenangkan. Ritme kerja yang menyenangkan adalah yang mengetahui batasan-batasan waktu kerja. Kapan harus melakukan sosialisasi kepada rekan kerja, kapan waktu masuk kerja, dan kapan waktu pulang kerja. Jangan menjadi seorang yang nggak enakan. Jika waktu kerjamu selesai, tutup laptop dan segera istirahat.



(FPR)

Berita Lainnya