Pemerintah Sulsel Buka Layanan Konsultasi Hukum UMKM 13-15 September

Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina (kanan) melihat karya pelaku UKM di sela-sela kegiatan pengembangan layanan konsultasi hukum bagi Udaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Makassar, Selasa, (13/9/2022). ANTAR/HO-Pemprov Sulsel. Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina (kanan) melihat karya pelaku UKM di sela-sela kegiatan pengembangan layanan konsultasi hukum bagi Udaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Makassar, Selasa, (13/9/2022). ANTAR/HO-Pemprov Sulsel.

Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar kegiatan pengembangan layanan konsultasi hukum bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Makassar pada 13-15 September 2022.  Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM (Diskop) Sulsel bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). 

Plt Diskop dan UKM Sulsel, Sukarniaty Kondolele mengatakan masih banyak UMKM yang mengalami kendala dalam hal perizinan produk. Untuk itu, kegiatan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pelaku UMKM. 

BACA: Asosiasi E-Commerce Dukung UMKM Go Digital, Beri Pelatihan Gratis

“Kita berharap UMKM baik kerajinan maupun kuliner betul-betul stabil dan eksis di pasaran. Tidak hanya untuk pasar konvensional tetapi modern bahkan bersaing ke mancanegara,” ujar Sukarniaty, dilansir dari Antara, Rabu, 14 September 2022. 

Sementara, Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina menyebut kegiatan seperti ini sangat diperlukan bagi para UMKM. Pasalnya, di lapangan, UMKM memiliki banyak permasalahan dalam mentransformasi usaha informal menjadi formal, khususnya dengan Peraturan Pendirian Perusahaan Perorangan, Hukum Perjanjian Kontrak, dan Perpajakan. 

“Paling tidak para pelaku UMKM tidak sendirian mengalami masalah tersebut,” kata Naomie.



(UWA)

Berita Lainnya