Satu Haji Asal Makassar Meninggal di Pesawat, 392 Lainnya Tiba Dini Hari

Ilustrasi. (MI/Dwi Apriani) Ilustrasi. (MI/Dwi Apriani)

Makassar: Seorang jemaah haji kelompok terbang (kloter) 10 Debarkasi Makassar dilaporkan meninggal sebelum pesawat mendarat. Sementara itu, 392 jemaah haji lainnya tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu, 12 Juli 2023, dini hari.

"Jemaah haji tiba dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airways GIA-1210 tujuan Makassar," kata PLH Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Wahyuddin Hakim, dikutip dari Medcom, Rabu, 12 Juli 2023.

Wahyuddin mengatakan jumlah jemaah haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi pada 41 hari lalu sebanyak 393 orang. Namun, satu di antaranya meninggal dunia sebelum tiba di Makassar. 

"Malam ini kembali 392. Salah seorang jemaah kita asal Maluku Utara dinyatakan meninggal di pesawat," ujarnya. 

Jemaah haji yang meninggal tersebut diketahui bernama Ayub Yakin Zaman. Ia meninggal pada pukul 18.40 WIB tepat sebelum pesawat mendarat di Bandara Internasional Kualanamu Medan.

Jemaah haji Debarkasi Makassar berusia 73 tahun tersebut sempat mendapatkan perawatan medis, tetapi kondisinya semakin melemah karena tidak mau makan. Ia pun dinyatakan meninggal dunia akibat hipertensi dan anemia di penerbangan Garuda Indonesia Airways GIA-1210 tujuan Makassar.

Jemaah haji tersebut kemudian dibawa ke Kota Makassar. Saat tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, jemaah haji itu langsung dibawa ke RSUD Daya Biringkanaya Makassar untuk dilakukan pemulasaran jenazah.

Setelah itu, jenazah jemaah haji tersebut kembali dibawa ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pagi hari. Ia langsung diterbangkan ke Ternate dengan pesawat Lion Air.



(SUR)

Berita Lainnya