Pemkab Sinjai Sulawesi Selatan Berikan Bantuan Kepada 66 Kelompok Nelayan

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa serahkan bantuan sarpras kelautan kepada 66 kelompok nelayan di Sinjai, Kamis (8/12/2022). ANTARA/HO/Pemkab Sinjai Bupati Sinjai Andi Seto Asapa serahkan bantuan sarpras kelautan kepada 66 kelompok nelayan di Sinjai, Kamis (8/12/2022). ANTARA/HO/Pemkab Sinjai

Apakareba.id: Pemerintah Kabupaten Sinjai memberikan bantuan sarana dan prasarana kelautan kepada 66 kelompok nelayan hingga kelompok pembudidaya ikan. Bantuan itu diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi para nelayan dan kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

"Mayoritas penduduk Sinjai adalah nelayan, petambak dan petani. Bantuan untuk nelayan adalah komitmen pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakatnya," kata Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, dikutip dari Antara, Kamis, 8 Desember 2022.

Beragam bantuan yang diserahkan di antaranya 11 kapal ukuran di bawah 5 GT beserta mesin dan  alat tangkap, 11 mesin kapal di bawah 5 GT, enam GPS. SAda juga 37 unit boks pendingin (cool box), 10 fish finder (alat pelacak ikan), dan lima unit lampu air garam.

Bantuan lainnya berupa fasilitas sarana dan prasarana Unit Pengolahan Ikan (UPI), paket keselamatan pelayaran radio komunikasi delapan unit. Ada juga paket produksi pakan mandiri berupa gedung produksi dan mesin pencetak pakan dan pengepul pakan.

Selain itu, delapan paket pengembangan rumput laut berupa bibit, tali, jaring pelampung dan jangkar. Serta delapan paket pengembangan ikan air tawar berupa bibit ikan, pakan dan kolam.

"Bantuan ini untuk mendorong dan meningkatkan kemandirian produktivitas kelompok usaha sektor kelautan dan perikanan, sekaligus untuk meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah melalui program ini," tutur Andi Seto.

"Mudah-mudahan apa yang kami serahkan ini bisa bermanfaat untuk nelayan dan pelaku pembudidaya kita. Mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan kita,” harapnya.



(SUR)

Berita Lainnya