Sulut Targetkan Digitalisasi SMA-SMK-SLB Hingga 75% Tahun 2025

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menargetkan di awal tahun 2025, semua SMA-SMK-SLB di provinsi tersebut sudah terdigitalisasi. (ANTARA/HO-DKIPS) Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menargetkan di awal tahun 2025, semua SMA-SMK-SLB di provinsi tersebut sudah terdigitalisasi. (ANTARA/HO-DKIPS)

Manado: Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Wagub Sulut), Steven Kandouw, menetapkan target untuk seluruh SMA-SMK-SLB di provinsi Sulawesi Utara, sudah mengadopsi teknologi digital pada awal 2025.

"Target hingga akhir tahun ini adalah 75 persen dari SMA-SMK-SLB sudah terdigitalisasi, dan pada awal Januari 2025, semuanya diharapkan sudah terdigitalisasi," ujar Steven dilansir dari Antaranews.com pada Jumat, 24 November 2023.

Untuk mencapai tujuan ini, Steven berharap agar Dinas Pendidikan Provinsi Sulut membuat jadwal kerja untuk SMA-SMK-SLB yang akan menerapkan program digitalisasi.

Steven menyatakan kepala dinas memiliki kewenangan untuk menentukan SMA-SMK-SLB yang dapat langsung berkolaborasi dengan Google. Ia mengungkapkan kerja sama dengan Google telah banyak dilakukan dan memberikan kontribusi besar dalam mendorong dunia pendidikan di Sulut untuk beralih ke digitalisasi.

Wagub Sulut mengungkapkan digitalisasi dalam pendidikan telah menjadi sesuatu yang tak bisa dihindari, hampir setara dengan pentingnya air putih. Ia menegaskan bahwa literasi digital tidak hanya sebatas kemampuan menggunakan gadget, melainkan mencakup aspek yang lebih luas. 

Oleh karena itu, menurut Steven, penerapan digitalisasi harus dilakukan secara bersama-sama mulai dari penggunaan dana BOS, DAK, Dapodik, dan terutama dalam penyajian materi-materi pendidikan untuk anak-anak.



(SUR)

Berita Lainnya