Gubernur Sulbar Optimistis Daerahnya Tercepat Turunkan Kemiskinan di Ekstrem Sulawesi

 Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh. (ANTARA/HO/Diskominfo Sulbar) Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh. (ANTARA/HO/Diskominfo Sulbar)
Mamuju: Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh sebut Sulbar menjadi daerah yang tercepat turunkan kemiskinan ekstrem di Pulau Sulawesi. Hal ini dapat dilihat dari survei terkini

“Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 9 November 2023, Sulbar sebagai provinsi di Pulau Sulawesi dengan kinerja penurunan kemiskinan ekstrem tercepat,” kata Zudan Arif Fakrulloh dilansir dari Antaranews, Minggu, 12 November 2023.

Berdasarkan data BPS, angka kemiskinan ekstrem di Sulbar pada Maret 2022 mencapai 2,94 persen. Turun signifikan pada Maret 2023 menjadi 0,75 persen, atau turun 2,19 persen dalam setahun.

Pj Gubernur Sulbar mengapresiasi komitmen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar bersama para bupati di enam kabupaten/kota.

“Kemiskinan ekstrem bisa kita tangani dengan cara memberikan subsidi, seperti Program Keluarga Harapan, pasar murah, dan bantuan pusat, provinsi, kabupaten, sampai tingkat desa,” lanjutnya.

Pemerintah juga memperbanyak program padat karya guna memberi tambahan penghasilan untuk masyarakat. Zudan juga berharap masyarakat bisa mencari pekerjaan tetap di sektor pertanian dan industri yang menjadi penunjang utama perekonomian di Sulbar.

“Masyarakat harus bisa membiasakan bekerja bercocok tanam, mencari ikan, atau budi daya ikan air tawar. Ini menjadi program jangka panjang untuk mengatasi kemiskinan ekstrem,” tutup Zudan. (Kanaya Hairunissa)

(SUR)

Berita Lainnya