Bukan Cuma Spageti, Yuk Kenalan sama Beragam Pasta Asal Italia!

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Apakareba: Pernah makan pasta? Salah satu makanan khas dari Italia ini ternyata memiliki banyak penggemar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Terbuat dari olahan tepung, telur, dan air yang dikeringkan, pasta lalu direbus dan disajikan bersama saus. Mengutip dari laman Substitute Cooking, Italia memiliki beragam jenis pasta yang digolongkan berdasarkan bentuknya. 

Salah satu pasta yang yang paling populer adalah spageti. Mungkin tak banyak orang yang tahu mengenai jenis-jenis pasta kecuali spageti.

Yuk kenali jenis pasta lainnya agar tak kikuk saat makan di restoran Italia:

1. Spaghetti atau Spageti

embed

Pasti banyak dari Anda yang sudah mengenal jenis pasta yang satu ini. Spageti juga sering dikenal dengan sebutan mi Italia.

Salah satu hidangan olahan spageti yang terkenal adalah spaghetti bolognese yang ditaburi dengan topping saus daging cincang. Spaghetti bolognese biasanya juga disajikan dengan taburan keju parmesan parut yang lezat.


2. Makaroni
 

embed

Selain spageti, makaroni yang berlubang di tengah ini banyak dikenal masyarakat dunia dan Indonesia. Makaroni memiliki banyak bentuk, mulai dari lurus hingga melengkung. 

Biasanya, makaroni diolah dengan cara dipanggang bersama keju. Anda juga bisa merebus makaroni untuk isian sup. 

3. Penne
 

embed

Penne, berasal dari bahasa Latin penna yang berarti bulu, atau pena yang biasa digunakan untuk menulis di masa lampau. Pasta ini berbentuk pendek seperti tabung kecil yang dipotong diagonal, mirip dengan pena. 

Pada umumnya, penne sangat cocok untuk disajikan dengan beragam jenis saus. Mulai dari saus tomat, krim, hingga daging. 

4. Fusilli
 

embed

Fusilli adalah jenis pasta yang bentuknya spiral dan pendek. Jenis pasta yang satu ini juga kerap digunakan dalam berbagai hidangan populer.

Seringnya, pasta ini diolah bersama saus krim dan kacang polong. Fusilli juga cocok dihidangkan bersama bahan lain seperti berbagai jenis daging dan sayur. 

Pastai jenis ini juga bisa dijadikan isian sup, digoreng, dan ditambahkan taburan serbuk cabai yang bikin ketagihan. 

5. Angel Hair
 

embed

Cappelli D’Angelo, atau yang populer dengan nama angel hair, merupakan kelompok pasta Capellini yang tipis. Diameter pasta ini antara 0,85 hingga 0,92 milimeter.

Bila dibandingkan dengan spageti, jenis pasta angel hair ini tentu lebih tipis. Secara tekstur, tingkat kekenyalannya juga lebih rendah. Namun kelebihannya, bentuk dan ukuran yang tipis membuat waktu mengolah angel hair hingga matang tak lama. 

6. Farfalle
 

embed

Dalam bahasa Italia, farfalle berarti kupu-kupu. Hal ini cukup menjelaskan mengapa pasta yang satu ini disebut demikian karena bentuknya yang cantik dan menyerupai kupu-kupu.

Farfalle cocok untuk disajikan dengan semua jenis saus. Namun, saus tomat dan saus krim adalah yang paling sering digunakan untuk melengkapinya. 

7. Fettuccine
 

embed

Fettucine memiliki arti pita kecil. Pasta ini merupakan salah satu jenis yang populer dalam masakan romawi. Sekilas, bentuknya mirip dengan kwetiau, panjang dan pipih. 

Fettuccine umumnya dihidangkan bersama taburan daging, atau carbonara, dengan tambahan saus tomat.



(RAI)

Berita Lainnya