77 UMKM Meriahkan Makassar Culinary Night 2022 

Suasana pelaku UMKM yang memeriahkan Makassar Culinary Night 2022 sebelum pdmbukaan di  Makassar, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/ Suriani Mappong Suasana pelaku UMKM yang memeriahkan Makassar Culinary Night 2022 sebelum pdmbukaan di Makassar, Sabtu (5/11/2022). ANTARA/ Suriani Mappong

Sebanyak 77 usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner memeriahkan Makassar Culinary Night (MCN) 2022. Acara itu digelar dalam rangka memperingati HUT ke-415 Kota Makassar.

"Kegiatan MCN 2022 yang ke-17 kalinya ini, sebagai bentuk apresiasi memperingati HUT ke-415 Kota Makassar yang jatuh pada 9 November nanti," kata Founder MCN Mistri Andi Muin, dikutip dari Antara, Minggu, 6 November 2022.

Andi mengatakan pada momentum ini, MCN juga menyuarakan dan mendukung kampanye pengurangan plastik atau less plastic. Kampanye ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan utamanya dalam penyelenggaraan festival kuliner.

"Kampanye tersebut terkait pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Karena itu, semua UMKM yang terlibat diminta menggunakan wadah yang ramah lingkungan," katanya pula.

Hal itu dibenarkan salah seorang pelaku UMKM, Masita yang menjajakan menu kekinian berupa bakso dan sosis bakar dengan aneka rasa. Menurut dia, untuk memberikan layanan yang nyaman dan aman bagi pembeli, ia menggunakan kotak dan piring dari bahan karton dan kertas.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengatakan, kampanye pengurangan plastik ini sejalan dengan program dinas yang dipimpinnya.

"Untuk mendukung sektor pariwisata, lokasi destinasi wisata itu harus bersih dari sampah, termasuk dari sampah plastik," katanya.

Sementara untuk pengurangan limbah plastik, dilakukan daur ulang atau membuat kerajinan tangan seperti yang dilakukan kelompok perempuan di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanayya, Makassar.

Baca Juga: HUT ke-353, Ini Hadiah Sulsel untuk Masyarakat



(SUR)

Berita Lainnya