BMKG: Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia, Ini Rinciannya

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat. Foto: Antara/Dedhez Anggara/rwa. Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat. Foto: Antara/Dedhez Anggara/rwa.

Jakarta: Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, pada Sabtu, 7 Mei 2022. Potensi hujan lebat tersebar dari Indonesia barat hingga timur.

"Dalam peringatan dini cuaca dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Sabtu, wilayah yang berpotensi mengalami hujan berada di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur," demikian dikutip dari Antara, Sabtu, 7 Mei 2022.

Kondisi serupa diramalkan terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Baca: Pemudik, Waspada Peningkatan Curah Hujan saat Arus Balik Lebaran

Sedangkan di DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Papua Barat, diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas ringan. Khusus wilayah Ibu Kota, hujan ringan akan terjadi di Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada malam hari, Jakarta Selatan pada siang dan malam, serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

Beberapa daerah juga masuk dalam kategori siaga dan waspada akan dampak hujan dengan intensitas lebat. BMKG memperingatkan Aceh masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat.

Sementara provinsi yang wilayahnya masuk dalam kategori waspada untuk hari ini adalah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.



(UWA)

Berita Lainnya