Pancasila Diyakini Mampu Menjawab Berbagai Tantangan

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom
Dadali: Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya sekadar seremonial belaka. Peringatan yang diselenggarakan setiap 1 Oktober ini, perlu menjadi momentum mempertebal keyakinan atas mampunya Pancasila menjawab berbagai tantangan di masa kini dan nanti.

 "Kegigihan para pendahulu kita dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila patut diteladani, sekaligus kita amalkan dalam menghadapi berbagai tantangan saat ini," kata Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat (Rerie) melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Pancasila mengandung nilai gotong-royong, persatuan, kemanusiaan, dan cinta Tanah Air yang sangat relevan dalam menjawab tantangan di masa pandemi covid-19. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) bersama-sama.

Baca: Konsistensi Prokes Mutlak di Tengah Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19

Lestari menyebut, penerapan prokes merupakan pengorbanan yang dilakukan masyarakat. Bahkan, tak sedikit masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan, terpaksa menutup usaha, hingga putus sekolah akibat dampak dari sejumlah kebijakan tersebut.

Dia meminta agar pengorbanan seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan tren penurunan jumlah kasus positif covid-19 dihargai. Salah satunya, konsisten peduli menerapkan prokes.
 
"Dan menjaga jangan sampai terjadi lonjakan kasus lagi," tutur dia, melansir Medcom.id.
 
Selain itu, masyarakat diminta tetap membatasi mobilitas. Dengan begitu, Indonesia dapat terhindar dari ancaman lonjakan kasus positif covid-19 nantinya.
 
"Bagi para pemangku kepentingan terus upayakan testing dan tracing secara masif untuk mempercepat pengendalian covid-19 di Tanah Air," ujar dia. (Anggi Tondi Martaon)



(RAI)

Berita Lainnya