Bekas Jerawat Susah Hilang? Catat 4 Kandungan dalam Skincare Ini Dapat Hilangkan Bekas Jerawat

Retinoid dapat membantu mengurangi perubahan warna dan menyamarkan bekas luka. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Retinoid dapat membantu mengurangi perubahan warna dan menyamarkan bekas luka. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Apakareba: Munculnya jerawat pastinya sangat menjengkelkan bagi sebagian besar orang. Namun, tidak hanya saat muncul, jerawat juga bisa mengganggu ketika meninggalkan bekasnya. Lantaran, bekas luka saat jerawat meradang (breakout) dapat menembus kulit secara mendalam sehingga merusak jaringan di bawahnya.

Tetapi, tidak perlu khawatir, masalah ini dapat dikurangi dengan melakukan beberapa perawatan. Dilansir dari Gaya.id pada Rabu, 3 Agustus 2022, bekas jerawat dapat dihilangkan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung:
 
1. Asam alfa hidroksi

Kandungan asam alfa hidroksi atau biasa lebih dikenal dengan AHA ini sering ditemukan dalam produk yang dibuat untuk mengobati jerawat. Pasalnya, kandungan ini dapat mengangkat kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Juga, AHA dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat.

Asam ringan mengelupas lapisan luar kulit untuk membantu menghilangkan perubahan warna dan kulit kasar. Jadi, ini dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

 

Baca Juga: Empat Bahan Skincare yang Membahayakan Ibu Hamil

 

2. Asam laktat

Sebuah penelitian tahun 2010 ditemukan bahwa pengelupasan asam laktat yang dilakukan oleh dokter kulit setiap dua minggu sekali selama tiga bulan bisa memperbaiki tekstur, penampilan, pigmentasi kulit, dan meringankan bekas jerawat.

Ada banyak peeling, serum, dan salep dengan asam laktat. Namun, jika ingin menggunakan bahan alami, bisa dengan menggunakan cuka sari apel yang diencerkan sebagai toner. Kandungan ini juga dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

3. Retinoid

Retinoid diketahui berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, retinoid dapat membantu mengurangi perubahan warna dan menyamarkan bekas luka.

Tetapi, perlu diingat bahwa bahan ini juga bisa membuat kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, selalu gunakan tabir surya setiap hari ketika menggunakan apapun yang mengandung retinoid. Kandungan ini bagus digunakan untuk bekas luka atrofi atau depresi.

4. Asam salisilat

Asam salisilat berguna untuk membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, serta mengelupas kulit saat dioleskan. Kandungan ini dianggap sebagai salah satu perawatan terbaik untuk bekas jerawat. Akan tetapi, dalam mengurangi bekas jerawat, diperlukan kesabaran karena membutuhkan waktu beberapa minggu untuk melihat hasilnya. Catatan penting bahwa kandungan ini dapat membuat kulit kering dan iritasi.



(SUR)

Berita Lainnya