Rerie: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Harus Dipercepat

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom

Apakareba: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mendorong pemerintah segera menyelesaikan vaksinasi covid-19 pada kelompok rentan. Seperti kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak.
 
"Di saat aktivitas masyarakat mulai meningkat upaya melindungi kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak, dari ancaman virus korona harus diintensifkan lewat vaksinasi covid-19," ujar Rerie dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 November 2021.
 
Berdasarkan data yang ia miliki, lansia yang sudah divaksin tercatat 8,63 juta atau 40,07 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua telah disuntikkan ke 5.34 juta orang lansia atau 24,78 persen dari target.

Sementara, target vaksinasi covid-19 untuk lansia yang ditetapkan pemerintah adalah 21,55 juta orang. Capaian vaksinasi terhadap lansia harus terus diakselerasi dengan berbagai upaya dan strategi yang tepat.

Baca: Kejar 1,8 Juta Warga, DKI Sediakan Layanan Vaksin Malam Hari
 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin vaksin untuk anak. Hal tersebut harus segera direspons dengan perencanaan dan strategi yang matang agar pencapaian target bisa segera terealisasi.
 
"Memberi pemahaman terkait penting dan aman-nya vaksin untuk anak kepada para orang tua merupakan tahapan yang harus dilakukan agar pengaplikasian vaksin covid-19 bisa berjalan lancar," ucap Rerie, dilansir dari Medcom.id.
 
Selain itu, belajar dari pengaplikasian vaksin covid-19 untuk lansia yang menghadapi banyak di lapangan, perlu dilakukan pemetaan permasalahan untuk vaksinasi anak. Sehingga kendala dapat diatasi.
 
"Para pemangku kepentingan harus terbiasa melakukan perencanaan yang matang," ujarnya.



(RAI)

Berita Lainnya