Ternyata Ini Arti Kotak Warna-Warni Pada Seragam TNI

Sumber: Koran Militer Sumber: Koran Militer

Apakareba:  Mungkin Anda sering melihat tokoh militer dengan jabatan tinggi berbicara di depan publik. Namun, pernahkah Anda menyadari dan bertanya maksud dari kotak warna-warni yang melekat di sisi dada sebelah kiri pada seragam TNI?

Bukan sekadar hiasan, ternyata kotak warna-warni yang sekilas seperti kue lapis legit tersebut memiliki makna khusus lho. Dihimpun dari akun YouTube Lycma Mil-Tech, kotak kecil tersebut merupakan pita harian yang mewakili tanda kehormatan, baik berupa bintang maupun satya lencana yang dimiliki oleh pemakainya.

Pita harian pada dasarnya sebuah simbol serta miniatur dari tanda kehormatan itu sendiri. Misalnya tanda kehormatan satya lencana yang berbentuk seperti koin dari bahan logam.

Baca juga: Hapus Tes Keperawanan, Legislator PAN: Langkah Maju TNI Kikis Budaya Patriarki

Lencana tersebut memiliki pita dengan corak dan warna tertentu untuk membedakannya. Konon, seorang perwira senior memiliki belasan bahkan puluhan tanda kehormatan.

Namun, berbagai tanda kehormatan tersebut tidak memungkinkan digunakan setiap hari, karena dinilai mengganggu. Maka dari itu, tanda kehormatan tersebut diwakili dengan kotak warna-warni yang sesuai dengan corak dari pita berbagai lencana.

embed
Sumber: Tangkapan layar YouTube Lycma Mil-Tech

Contohnya lencana yang satu ini, lencana Satya Dharma Samudra ini memiliki pita berwarna biru tua dan corak dua garis kuning. Dengan begitu, pita harian yang mewakili lencana tersebut juga berwarna sama dengan yang ada di lencana.

Nah, itulah penjelasan mengenai kotak pita harian yang ada pada seragam perwira TNI. Semoga bermanfaat.



(NAI)