Baru Lulus Kuliah? Ini 3 Tips Jika Mau Bekerja di Perusahaan Unicorn

Ilustrasi belajar/Medcom.id Ilustrasi belajar/Medcom.id

Apakareba:  Jika Anda baru saja lulus dari perguruan tinggi dan menyandang status fresh graduate, tentu langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan. Saat ini, bekerja di perusahaan unicorn (perusahaan dengan nilai valuasi Rp140 triliun) menjadi salah satu dream jobs bagi generasi muda.  

Namun, Anda bakal sulit masuk ke perusahaan-perusahaan bertaraf unicorn karena biasanya mereka memiliki standar tersendiri. Walau begitu, hal tersebut bukan hal yang mustahil untuk didapat.

Dikutip dari akun Instagram @ditjen.dikti, berikut tiga tips jika Anda ingin bekerja di perusahaan Unicorn :

1. Aktif dan tumbuh dalam komunitas

Hidup bersosial serta berkomunitas menjadi hal yang penting pada saat ini. Sebab, dengan berkomunitas akan membuat Anda menjadi semakin memacu diri untuk membuat progres setiap hari.

2. Menguasai base knowledge di bidang keahlian

Cobalah untuk benar-benar menguasai pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk profesi impian Anda. Misal, di bidang cloud computing, seperti linux, networking, coding dan lainnya.

Baca juga: Kemenkes: Bank Dunia Sebut Kualitas Pendidikan Turun Akibat Covid-19

Jika Anda memiliki ketertarikan dengan ilmu tersebut, sebagian besar di antaranya terdapat di program Bangkit dari Kemendikbud Ristek. Lengkap dari level dasar, hingga Anda dirasa siap mengambil sertifikasi dari Google ACE.

3. Ukur kemampuan melalui sertifikasi global

Setelah belajar, pastikan Anda juga mengetahui sejauh mana kemampuan Anda.  Salah satu caranya dengan pelatihan bersertifikat global. Pada program Bangkit, Anda mendapat kesempatan sertifikasi dari Associate Cloud Engineer. Tak hanya itu, Anda juga bisa belajar studi kasus yang sering keluar di ujian dan tentunya belajar langsung dari pakar industri.
 
Program Bangkit merupakan kolaborasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek dengan Google, Gojek, Traveloka, dan Tokopedia. Hingga saat ini, program Bangkit telah meluluskan sebanyak 2.250 mahasiswa yang sekaligus merupakan bagian dari Kampus Merdeka.

Demikian beberapa tips untuk Anda yang ingin bekerja di perusahaan Unicorn, semoga bermanfaat.



(NAI)