Gempa 7,4 Magnitudo di NTT Sebabkan Rumah dan Fasilitas Umum di Sulsel Rusak

Rumah rusak di Pulau Selayar terdampak gempa Flores Timur. BNPB Rumah rusak di Pulau Selayar terdampak gempa Flores Timur. BNPB

Apakareba:  Sebanyak 230 rumah di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami kerusakan usai terjadi gempa bumi dengan magnitudo 7,4 di wilayah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa, 14 Desember 2021. Selain itu, satu unit gedung sekolah, dua bangunan tempat ibadah dan satu rumah jabatan kepala desa juga terdampak.
 
Melansir Medcom.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Selayar menyampaikan kerusakan tersebut terpantau mulai dari bangunan pagar beton, dinding hingga atap rumah warga.

Baca juga: Guncangan Gempa Larantuka Terasa Hingga Kota Makassar

Berdasarkan data yang dihimpun per Selasa, hingga pukul 16.04 Wita, gempa dirasakan dan berdampak di tiga provinsi meliputi Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kabupaten, Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Buton, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Sabu Raijua, Kota Bau Bau dan Kabupaten Manggarai Barat.
 
Kemudian Kota Makassar dan Kabupaten Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya merilis peringatan dini tsunami dari gempa bumi magnitudo 7,4 tersebut. Namun, saat ini peringatan itu dinyatakan telah berakhir.



(NAI)

Berita Lainnya