Dinkes Sulsel Wacanakan Vaksinasi Covid-19 Door to Door Demi Jangkau Lansia

Vaksinasi covid-19 untuk lansia di Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman Vaksinasi covid-19 untuk lansia di Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Apakareba: Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) merencanakan vaksinasi covid-19 dengan metode door to door. Program ini berlaku agar vaksinasi menjangkau warga kelompok lanjut usia (lansia).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel, Muhammadong mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan mendorong kabupaten/kota mencapai target vaksinasi lansia. "Kita akan lakukan strategi vaksinasi massal dari rumah ke rumah untuk menyasar lansia secara rutin," katanya, dilansir dari Antara, Kamis, 4 November 2021.

Muhammadong membeberkan, banyak lansia yang sebenarnya bersedia divaksin. Hanya saja anggota keluarga seringkali melarang.

Baca: Sudah Vaksin Lengkap, Masa Karantina dari Luar Negeri Dipangkas Jadi 3 Hari

Kelompok lansia menjadi kelompok masyarakat prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi. Pasalnya, banyak dari mereka memiliki komorbid, sehingga khawatir memperparah kesehatannya jika terpapar covid-19.

"Kelompok lansia memiliki risiko paling fatal dibanding anak-anak, remaja, dan dewasa. Jadi kita harus vaksinasi cepat untuk lansia," kata dia.

Berdasarkan data KPC-PEN per 3 November 2021, total kelompok lansia yang telah menerima dosis pertama sebanyak 139.959 orang. Sedangkan dosis kedua sebanyak 91.946 orang. Vaksinasi lansia di Sulsel baru mencapai 18,56 persen dari 753.919 orang target lansia di Sulawesi Selatan.



(RAI)

Berita Lainnya