Hebat! 5 Mahasiswa Unhas Buat Kapal Selam Mini Tanpa Awak

Universitas Hasanudin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (HO humas Humas) Universitas Hasanudin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (HO humas Humas)

Sebanyak Lima mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan Universitas Hasanuddin (Unhas) mengembangkan rancangan kapal selam mini tanpa awak Autonomous KRI Barukang.

 Ketua Tim Barukang Boat Nurhalim Dwi Putra berharap rancangan kapal selam mini tersebut nantinya bisa terwujud dan menjadi bagian dari armada Angkatan Laut Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa KRI Barukang secara umum dirancang menjadi drone permukaan bawah air pemburu kapal selam. Selain itu, KRI Barukang juga dirancang sebagai kapal permukaan konvensional untuk mendukung operasi pengintaian, survei, dan intelijen di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Menurut dia, kapal selam mini tersebut memiliki sistem penyelaman otomatis serta mampu mengirimkan data yang dikumpulkan ke satelit untuk disampaikan ke kapal permukaan tempat operator berada.

“Autonomous KRI Barukang dilengkapi dengan alat BlueComm 200 untuk mengunggah data dengan volume besar (hingga 10 Mbps),” tutur Nurhalim, dilansir dari Antara, Jumat 18 November 2022. 

Peluncuran kapal, dapat dilakukan di kapal permukaan jenis Landing Platform Dock atau kapal fregat medium dan penyalaan mesinnya bisa dilakukan di atas kapal.

Nurhalim menjelaskan pula bahwa Autonomous KRI Barukang dirancang untuk durasi penyelaman maksimal lima jam. Setelah lima jam, kapal akan naik kembali ke permukaan untuk mengatur ulang posisi dan data agar tidak sampai mengalami hilang sinyal yang membuat kontak dengan operator terputus.

Dia mengatakan bahwa kapal selam mini tersebut juga dirancang dilengkapi sistem persenjataan yang mencakup enam peluncur Rudal Mistral Simbad-RC serta tiga tabung torpedo Black Scorpion di bagian depan.

Rancangan Autonomous KRI Barukang disertakan dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2022 dan menjadi juara ketiga.

Baca Juga: Rayakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, RSGMP Unhas Gelar Pemeriksaan gratis



(UWA)