Waspada! Bendungan Lekopancing di Maros Sulsel Status Siaga 1

Kondisi air sungai di bawah jembatan Kabupaten Maros yang sudah hampir menyentuh landasan jembatan pada Kamis (5/1/2022). Antara/ Suriani Mappong Kondisi air sungai di bawah jembatan Kabupaten Maros yang sudah hampir menyentuh landasan jembatan pada Kamis (5/1/2022). Antara/ Suriani Mappong

Apakareba.id: Tingginya curah hujan dan kondisi sungai yang nyaris meluap membuat Bendungan Lekopancing di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, berstatus siaga 1. Kondisi air sungai di bawah jembatan Kabupaten Maros pun sudah hampir menyentuh landasan jembatan pada Kamis, 5 Januari 2023.

"Masyarakat diminta mewaspadai kondisi siaga 1 Bendungan Lekopancing," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, Syamsul Idrus, dikutip dari Antara, Kamis, 5 Januari 2023. 

BPBD Kabupaten Maros mengimbau masyarakat senantiasa mewaspadai banjir akibat pembukaan bendungan Lekopancing yang sudah di atas ambang batas normal. 

Sangkala, salah seorang warga di Dusun Borong Kalukua, Kecamatan Maros Baru, mengaku was-was terjadi banjir lagi. Ia juga takut ikan bandeng di empangnya terseret banjir.

"Untuk mengantisipasi adanya banjir lagi maka terpaksa memanen ikan bandeng yang belum dewasa," katanya.

Hal itu dilakukannya guna mengantisipasi ikan bandeng yang ada di empangnya tidak dapat diperoleh hasilnya. Karena itu, ia memilih panen lebih awal meski harga jual dari ikannya tidak sama jika dijual dalam kondisi dewasa.



(SUR)

Berita Lainnya