Menhub Imbau Pelaku Perjalanan untuk Mewaspadai Cuaca Ekstrem Akhir Tahun

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi di kantor Jasa Marga, Cikampek Utama, Jumat (23/12/2022). (Kemenhub) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi di kantor Jasa Marga, Cikampek Utama, Jumat (23/12/2022). (Kemenhub)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya potensi cuaca ekstrem di akhir tahun bersamaan dengan masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Untuk itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengimbau para pelaku perjalanan untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

“Kami telah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk mengantisipasi potensi cuaca yang tidak bersahabat,” kata Menhub dikutip dari Antara, Jumat, 23 Desember 2022.

Menhub juga mengatakan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Kepolisian, BMKG, Kementerian PUPR, Jasa Marga, dan lembaga terkait lainnya untuk menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi dan menanggulangi risiko banjir.

Untuk menanggulangi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan resiko banjir di jalan tol, upaya yang dilakukan yaitu dengan membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa pembuatan hujan.

“Pada tahun 2020, kita ada suatu masalah banjir di jalur tol. Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya resiko banjir. Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja,” kata Budi.



(SUR)

Berita Lainnya