5 Kunci Sukses ala Orang Makassar yang Bisa Jadi Panutan Hidup

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Orang Makassar dikenal dengan karakteristiknya yang lugas. Karena itu, tidak sedikit dari mereka yang sukses dalam berbisnis.

Hal itu berkat prinsip yang dipegang teguh dan selalu diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Tidak heran jika prinsip tersebut dapat membawa mereka menuju pintu kesuksesan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah lima kunci sukses ala orang Makassar yang bisa menjadi panutan hidupmu.

1. Ku alleanngi tallanga na toalia (Lebih baik tenggelam daripada kembali)

Pantang bagi orang Makassar untuk menyerah dalam mencapai tujuan yang diinginkannya. Mereka mengibaratkan seorang pelaut yang memilih kapalnya tenggelam daripada pulang tidak membawa hasil.

Tenggelam dalam hal ini juga punya makna bahwa tak masalah jika kamu gagal berapa kali. Tetapi suatu saat, percayalah kamu akan memetik suatu keberhasilan.

2. Anggulungmi naung batu lompoa nanggulung nai' batu-batu cakdia (Batu besar bergulir ke bawah, sedangkan batu kecil bergulir ke atas)

Prinsip ini menggambarkan kesuksesan dan keberhasilan, tetapi jangan sampai membuat seseorang sombong dan lupa diri. Karena orang-orang sukses yang sombong akan jatuh, dan orang-orang rendah diri akan menanjak naik.

Pepatah ini juga bisa bermakna bahwa kesuksesan itu berputar. Kadang yang di atas akan tergantikan oleh yang ada di bawah.

3. Ejapi nikana doang (Seseorang dikenali atas karya dan perbuatan)

Orang-orang Makassar tak terbuai dengan andai-andai dan keberhasilan semu. Capaian dinilai jika memang hasilnya nampak terlihat. Prinsip ini juga bisa berarti mereka mengutamakan karya dan ingin dikenal dengan sebagai pekerja keras. Karena perpaduan dua hal ini bisa membuat orang Makassar dihormati.

4. Teai mangkasara' punna bokonna loko' (Bukan orang Makassar kalau yang luka di belakang)

Maksudnya, orang Makassar tidak boleh lari dari masalah, apalagi dalam bisnis. Setiap persoalan diselesaikan dengan cara menghadapinya langsung, bukan dengan kabur apalagi menghindar. 

Setiap kegagalan dijadikan cambuk untuk mencoba kembali, hingga usahanya berhasil.

5. Macca na malempu' (pintar dan jujur)

Prinsip orang Makassar sangat mengajarkan kejujuran dan kepintaran. Orang pintar yang tidak jujur hanya akan melahirkan penipu. Orang jujur yang tidak pintar, akan dimanfaatkan kepolosannya dan akan dibodoh-bodohi.



(RAI)

Berita Lainnya