Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok di Makassar Masih Relatif Stabil dan Ada yang Turun

Ilustrasi pedagang bahan pokok - - Foto: MI/ Immanuel Antonius Ilustrasi pedagang bahan pokok - - Foto: MI/ Immanuel Antonius

Apakareba: Tinggal menghitung hari umat Islam akan dipertemukan dengan Hari Raya Idulfitri 2021. Biasanya, mendekati hari raya besar, harga bahan pokok di pasar tradisional akan mengalami penaikan. Kabar baiknya, harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan, masih relatif stabil.

Kepala PD Pasar Pabaeng-baeng, Muh Imran, menyebutkan tim yang telah dibentuk bersama Disperindag dan pihak Bank Indonesia mendapati harga bahan pokok masih stabil, Pemantauan itu dilakukan secara rutin oleh mereka. 

Bahkan, bukannya naik, sejumlah komoditi malah mengalami penurunan harga. Seperti, telur ayam ras turun menjadi Rp45 ribu per rak yang sebelumnya dijual dengan harga Rp48 ribu per rak.

Kondisi serupa juga terjadi dengan cabai. Bulan lalu, harga cabai masih menembus Rp65 ribu per kilogram, kini dijual rata-rata Rp35 ribu per kilogram.

Baca juga: Jelang Idulfitri, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Gelar Pasar Murah

“Untuk harga daging ayam ras dan daging sapi, belum ada kenaikan secara signifikan,” katanya di Makassar, Kamis, 6 Mei 2021, seperti dilansir dari Antara.

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang pedagang ayam ras, Nursiah. Persediaan ayam rasa tau ayam potong disebutkan masih cukup banyak. Sehingga harga masih relatif stabil.

“Ini karena permintaan juga belum meningkat, namun diperkirakan pada saat H-1 lebaran, harga bisa naik karena tingginya permintaan,” jelasnya.

Salah seorang pedagang Pasar Terong, Kasmawati, juga mengemukakan hal serupa. Menurutnya, harga ayam potong per ekor yang beratnya rata-rata 2 kilogram dijual Rp45 ribu hingga Rp50 ribu. Harga tersebut masih sama dengan saat awal Mei 2021.
 



(SYI)

Berita Lainnya